Bantu Cegah Penyebaran Covid-19, XL-Indopos Bagikan 1000 Masker Kain di PD Pasar Jaya Palmerah

indopos.co.id – Kasus infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19 terus bertambah di Indonesia. Per Rabu (8/4/2020), sudah ada 3.174 kasus yang terkonfirmasi. Dari angka tersebut, 2.494 kasus dirawat, 240 kasus meninggal dunia, dan 222 kasus sembuh.

Terkait masifnya penyebaran virus corona ini, Presiden Joko Widodo sudah menitahkan agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat berada di luar rumah. Apalagi, World Health Organization (WHO) juga mengimbau hal yang sama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Baca Juga :

Sayangnya, ada beberapa kendala yang terjadi di masyarakat saat ini. Pertama, masker menjadi barang langka sehingga sulit ditemukan. Kedua, jika pun ada yang menjual masker baik secara offline maupun online, harganya melonjak tinggi. Ketiga, tidak semua masyarakat sadar akan pentingnya pengenaan masker. Sebagai bukti, banyak warga yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Untuk membantu mensukseskan program pemerintah, PT XL Axiata Tbk bekerja sama dengan Indopos, menggelar program pembagian 1.000 masker kain secara cuma-cuma. Adapun target masyarakat yang disasar adalah mereka yang beraktivitas di PD Pasar Jaya.

Berdasarkan pantauan Indopos, banyak pedagang maupun pembeli yang tidak mengenakan masker dalam bertransaksi. Beberapa alasan yang mereka kemukakan di antaranya sulitnya menemukan masker dan harga masker yang mahal.

Pada Kamis (9/4/2020) pagi, kegiatan XL Axiata-Indopos terkonsentrasi di PD Pasar Jaya Palmerah. Masker kain yang disediakan oleh pihak XL Axiata diserahkan langsung kepada Pengelola PD Pasar Jaya Palmerah untuk kemudian didistribusikan kepada pedagang, pembeli, tukang parkir, hingga petugas kebersihan yang berkegiatan di pasar.

“Kami menyampaikan terima kasih diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang diinisiasi oleh Indopos. Mudah-mudahan partisipasi kami ini dapat bermanfaat, dan situasi wabah Covid-19 ini dapat segera berlalu,” jelas Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata.

Sekadar tambahan informasi, penggunaan masker kain sesuai dengan rekomendasi WHO yang diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia. Menurut juru bicara penanganan COVID-19 Ahmad Yurianto, masker yang dianjurkan untuk digunakan bagi masyarakat umum adalah masker kain. Adapun masker bedah dan masker N95 digunakan oleh tenaga medis yang menangani pasien COVID-19.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki masker kain. Salah satunya, masker ini dapat digunakan secara berulang-ulang. Oleh karena itu, jika masker kain sudah digunakan, sebaiknya masker direndam dengan sabun atau deterjen, kemudian dicuci serta dibilas kemudian dikeringkan. Setelah kering, barulah masker kain dapat digunakan kembali. (mdo)


loading...
1 Komentar
  1. kaglbwqsfc berkata

    vrvhalprsdyxzycyvjyulioqiewhyy

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.