Pangeran Harry dan Meghan Markle Putuskan Hubungan dengan Media Inggris

indopos.co.id – Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak mau lagi terlibat dengan empat tabloid utama Inggris termasuk Daily Mail, Sun, Express, dan Mirror.

Pada hari Minggu malam (19/4/2020), Duke dan Duchess of Sussex itu mengirim surat kepada editor dari empat publikasi yang menyatakan bahwa mereka menetapkan kebijakan hubungan media baru dan tidak akan lagi menawarkan diri mereka sebagai mata uang untuk ekonomi clickbait dan distorsi.

Menurut Guardian, pasangan dan perwakilan mereka menulis bahwa mereka berhenti menanggapi pertanyaan dari wartawan yang dipekerjakan oleh empat outlet itu dan bahwa akan ada kebijakan ‘nol pertunangan’ dan ‘tidak ada pembenaran’, kecuali melalui pengacara mereka jika perlu.

“Sangat memprihatinkan bahwa bagian dari media yang berpengaruh, selama bertahun-tahun, telah berusaha untuk menolak bertanggung jawab atas apa yang mereka katakan atau cetak, bahkan ketika mereka tahu hal itu akan terdistorsi, salah, atau invasif tanpa alasan,” tulis surat itu. “Ketika kekuatan dinikmati tanpa tanggung jawab, kepercayaan yang kita semua tempatkan pada industri yang sangat dibutuhkan ini menurun,” tambahnya.

Baca Juga :

Seorang WNA Terjaring Razia SIKM

Pasangan itu mengatakan kepada editor bahwa mereka percaya kebebasan pers adalah landasan bagi demokrasi apa pun yang dapat bersinar di tempat gelap, menceritakan kisah-kisah yang disembunyikan, membela yang benar, menentang kekuasaan, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang menyalahgunakan sistem.

“Ada korban kemanusiaan yang nyata untuk cara berbisnis ini dan itu memengaruhi setiap sudut masyarakat. Duke dan Duchess of Sussex telah menyaksikan orang-orang yang mereka kenal, juga orang yang sama sekali asing, dihancurkan hidupnya tanpa alasan yang jelas, selain dari fakta bahwa gosip cabul meningkatkan pendapatan iklan,” lanjut surat itu.

Baca Juga :

Harry dan Meghan juga ingin menjelaskan bahwa kebijakan baru ini bukan tentang menghindari kritik, atau tentang menutup percakapan public, atau bahkan menyensor pelaporan yang akurat. Melainkan, Media punya hak untuk melaporkan dan memang punya opini tentang Duke dan Duchess of Sussex, baik atau buruk. Tapi itu tidak bisa didasarkan pada kebohongan.

Meskipun telah memutus hubungan dengan keempat media outlet Inggris tersebut, pasangan itu menyatakan bahwa mereka masih ingin bekerja sama dengan wartawan dan organisasi media akar rumput yang akan datang untuk menyoroti masalah dan sebab-sebab yang sangat perlu diakui.

Berita Meghan dan Harry yang menutup komunikasi dengan Mail, Sun, Express dan Mirror datang beberapa bulan setelah perpisahan mereka dari keluarga kerajaan Inggris dan kepindahan mereka dari Kanada ke Amerika Serikat baru-baru ini. (fay)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.