Peringati Hari Kartini, Dewan Pembina UMKM Ajak Perempuan Indonesia Lawan Covid-19

indopos.co.id – Ketua Dewan Pembina usaha mikro kecil menengah (UMKM) Rizayati, menyampaikan pandangannya terkait peringatan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, 21 April. Raden Ajeng Kartini, menurutnya, sebagai simbol kebangkitan peran perempuan dalam menghadapi berbagai permasalahan bangsa, sejak dulu hingga kini.

Seperti diketahui, Kartini merupakan inspirasi kebangkitan perempuan di tengah belenggu tradisi paternalistik yang kuat ketika zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga :

“Peran perempuan tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun peran yang merambah wilayah yang lebih luas dalam sosial kemasyarakatan, termasuk ikut andil dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, seperti masalah penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia saat ini,” kata Rizayati dalam keterangan tertulis, Selasa, (21/4/2020)

Rizayati mengaku banyak melihat aksi heroik kartini zaman now dalam melawan penyebaran pandemi Covid-19, seperti dokter dan perawat perempuan yang terpaksa tidak dapat pulang kerumah untuk bertemu keluarga, bahkan banyak diantara mereka yang meregang nyawa setelah ikut terpapar virus yang mematikan ini.

Baca Juga :

Selain itu, ada kartini-kartini lainnya yang merogoh koceknya dalam-dalam atau menyisihkan pendapatan agar dapat melakukan kegiatan sosial seperti pembagian sembako, masker, handsinitizer, makan gratis bagi warga kurang mampu yang kesulitan hidup di masa pandemi Covid-19.

“Indonesia harus berbangga dengan warisan kisah heroik Kartini yang mampu menginspirasi setiap generasi. Wanita bukanlah kaum yang lemah secara ide, gagasan, dan pemikiran serta rasionalitas seperti kaum lelaki. Lihat bentuk dan aksi nyata kartini zaman now dalam perang melawan penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia,” lanjut Rizayati.

Baca Juga :

Bioskop di Jakarta Beroperasi Lagi

Suri tauladan Kartini-lah yang membuat ketua dewan pembina UMKM ini, masih tetap menjalankan kegiatan sosial Indonesia Terang seluruh nusantara dan kegiatan sosial lainnya ditengah masa pandemi covid-19, meski dirinya terpaksa berhadapan dengan virus corona yang mematikan, momok nomor satu bagi seluruh umat manusia didunia.

“Insya Allah, selama ada rezeki dan diberi kesempatan, saya akan lakukan itu (kegiatan sosial). Selamat Hari Kartini. Semoga Teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan kita sebagai anak bangsa dalam meraih cita-cita bersama yang lebih baik di masa depan,” pungkas Rizayati.(mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.