Unggah Foto di Instagram, Jennifer Lopez Bermasalah dengan Hukum

indopos.co.id – Jennifer Lopez dituntut atas penggunaan foto di Instagram. Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh E! News, fotografer New York Steve Sands menuduh penyanyi dan perusahaan produksinya, Nuyorican Productions atas pelanggaran hak cipta dan meminta ganti rugi sebesar USD150.000.
Baca Juga :

Gizi Seimbang ala Ikke Nurjanah

Gugatan federal mengutip bahwa Lopez menggunakan fotonya yang diambil oleh Sands untuk mempromosikan merek mereka di Instagram, di mana penyanyi itu memiliki lebih dari 119 juta pengikut, tanpa meminta izin untuk mengirim atau kompensasi apa pun.
Baca Juga :
Foto Lopez, diambil oleh fotografer New York itu, menerima lebih dari 656.000 suka. Foto tersebut diunggah pada 22 Juni 2017.
Baca Juga :

Fans Andy Lau Bisa Nonton Sepuasnya

“Tergugat tidak melisensikan Foto dari Penggugat untuk Situs Webnya. Tergugat juga tidak memiliki izin atau persetujuan Penggugat untuk menerbitkan Foto di Situs Web-nya,” tulis gugatan itu. Menurut dokumen pengadilan, fotografer itu berhak atas ganti rugi hukum hingga USD150.000 per pekerjaan yang dilanggar.
Gugatan itu diajukan di pengadilan federal Manhattan oleh pengacara Richard Liebowitz. “Ini adalah contoh selebritas yang menggunakan foto-foto fotografer tanpa izin untuk mempromosikan diri mereka di media sosial. Jumlah suka dari foto yang diterima ditambah dengan jumlah pengikut media sosial mereka adalah alat untuk mengkomersialkan unggahan mereka,” kata Liebowitz pada E! News.
Pada Oktober 2019, penyanyi Love Don’t Cost a Thing itu juga dituntut sebanyak USD150.000 atas foto oleh Alex Rodriguez yang dia unggah ke Instagram Story pada 2017.
Menurut dokumen pengadilan, yang diajukan oleh Splash News and Picture Agency dan diperoleh oleh E! News, gambar tersebut memperlihatkan bintang Hustlers yang sedang berpegangan tangan dengan Rodriguez saat berada di New York City. Dalam dokumen tersebut, Splash News and Picture Agency menyatakan bahwa mereka adalah pemilik dan pemegang hak cipta eksklusif dari gambar yang diposting Lopez.
Awal tahun ini, Lopez dan perusahaan produksinya sekali lagi digugat sebanyak USD40 juta dolar oleh perempuan yang menginspirasi karakter aktris Ramona di Hustlers, Samantha Barbash.
Dalam dokumen-dokumen pengadilan yang diperoleh The Blast, Barbash mengklaim produser film mendekatinya sebelum produksi untuk memperoleh persetujuan dari Barbash untuk produksi film dan penggambaran utama mereka tentang dirinya. Dia menolak untuk menandatangani persetujuan atau melepaskan hak privasinya. (fay)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.