Masuk Ramadan, ’Banjir’ Sembako

indopos.co.id – Seorang wanita tua berumur 65 tahun bernama Mak Erroh tampak menangis sambil memeluk sembako yang baru saja diterima dari pengembang. Pemandangan haru itu kerap ditemukan dimana-mana jelang Ramadan. Ya, berbuat baik akan dilipatgandakan pahala oleh Tuhan YME.
Itu yang dilakukan pengelola Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Memorial Garden yang membagikan 200 paket berisi beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, beberapa bungkus mie instan dan ikan sarden kalengan.
“Terimakasih ya Allah. Saya menangis bukan karena sedih, tapi justru sangat gembira. Saat wabah corona dan diam di rumah saja, dapat pembagian sembako. Ini berkah menjelang Ramadan,” kata nenek Rodiyah, warga Teluk Jambe, Karawang Timur, yang dekat dengan lokasi pemakaman Al Azhar Memorial Garden di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek.
Baca Juga :

Yuk, Segarkan Buka Puasa dengan Smoothie

Nenek Rodiyah yang sehari-hari buruh tani ini bersama 200 kepala keluarga yang tinggal di sekitar pemakaman mendapat bingkisan sembako menyambut Ramadan 1441 H dan Aksi Peduli Covid-19. Selain kepada warga sekitar, Al Azhar Memorial Garden memberikan sembako serupa kepada Satgas Covid-19 Telukjambe Karawang Timur sebanyak 100 paket beras. Paket diserahkan oleh Direktur Utama Al Azhar Memorial Garden, Nugroho Adiwiwoho secara langsung kepada warga pada hari Kamis 22 April 2020.
Pembagian dilakukan dengan prosedur ketat mengikuti aturan pemerintah dalam pencegahan penularan Covid-19 yaitu wajib memakai masker, menggunakan handsanitizer pada saat masuk acara, physical distance 1 meter dan pengukuran suhu badan di gerbang Al Azhar Memorial Garden.
“Pembagian sembako ini merupakan kepedulian kami. Mudah-mudahan bisa meringankan beban bagi masyarakat sekitar pemakaman yang menghadapi wabah Covid-19. Semoga ini juga bisa membawa kegembiraan dalam menyongsong puasa bulan Ramadan,” kata Nugroho.
Nugroho juga mengatakan Aksi Peduli Covid-19 yang dilakukan Al-Azhar Memorial Garden untuk mendukung pemerintah agar semua pihak, termasuk swasta, ikut serta bersama pemerintah membantu warga yang terkena dampak virus Corona.
Al Azhar Memorial Garden sudah melakukan kegiatan bantuan sembako seperti ini sejak sekitar lima tahun terakhir dan biasanya dibagikan saat bulan puasa menjelang Idul Fitri. Pembagian sembako sekarang ini bersifat khusus karena untuk membantu warga menghadapi dampak Covid-19.
Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden seluas 25 hektare itu dibangun sejak 2011. Kapasitas yang dirancang sebanyak 29 ribu jenazah dengan konsep “taman dalam makam”, sehingga jauh dari kesan seram dan kumuh. Taman pemakaman itu dilengkapi dengan taman, gedung serbaguna, gazebo, walkway, dan Gedung Pemulasaraan untuk memudahkan pengurusan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani dan mensholatkan hingga dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden.
Selain memiliki taman yang indah dan gedung Pemulsaraan, lanjutnya, Al-Azhar Memorial Garden berada di kawasan datar yang bebas banjir. Akses menuju pemakaman Islam itu kini lebih mudah karena telah beroperasinya Jalan Tol Layang Cikampek. Jarak tempuh menuju Al Azhar Memorial Garden lebih cepat karena dekat langsung keluar Tol Karawang Timur. (vit)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.