Dampak Covid-19, Permintaan Produk Industri Aneka Alami Penurunan

indopos.co.id – Pandemi Covid-19, membuat sektor industri aneka ikut terkena imbasnya. Yakni dengan adanya penurunan utilitas produksi. Hal itu akibat merosotnya permintaan secara global.

Adapun industri aneka yang terkena dampak, seperti industri alat musik, industri alat olahraga, dan industri alat tulis yang kini sedang menyesuaikan bisnisnya.

Baca Juga :

“Secara umum, industri aneka masih tetap melakukan aktivitas produksi. Meskipun dengan melakukan beberapa penyesuaian sesuai kondisi perusahaan,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, dari hasil pengumpulan data oleh Direktorat Jenderal IKMA Kemenperin, ditemukan beberapa industri aneka di dalam negeri mengalami penurunan utilitas produksi. Hal itu akibat merosotnya permintaan secara global.

Baca Juga :

Kehamilan Tetap Prima di Saat Pandemi COVID-19

“Selain itu, timbul kekhawatiran terhadap pemenuhan bahan baku yang berasal dari impor. Terutama dari negara-negara yang menerapkan karantina wilayah,” jelas Gati.

Dia menambahkan terjadi beberapa penurunan pemesanan karena beberapa buyer negaranya mengalami lockdown. Sebagian pengiriman dijadwalkan ulang dan sebagian dibatalkan.

Baca Juga :

Kedai Pena Obati Kerinduan Makanan Jawa Timur

“Adapun kendala bahan baku sudah dirasakan sejak wabah Covid-19 terjadi di Tiongkok. Sehingga pasokan bahan baku untuk kebutuhan ekspor produk tanah air tidak dapat dipenuhi,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.