Alexa Metrics

Dampak Wabah Corona, PAD Kabupaten Bekasi Turun

Dampak Wabah Corona, PAD Kabupaten Bekasi Turun UANG PAD

indopos.co.id – Pendapatan Kabupaten Bekasi dari sektor pajak daerah mengalami penurunan pada triwulan kedua. Diprediksi penurunan bakal mencapai 30 persen.

“Diperkirakan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2020 turun,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi, Senin (4/5/2020).

Menurutnya, resapan pajak di triwulan pertama sebenarmya masih cukup baik. Hanya saja, memasuki triwulan kedua memgalaml penurunan. “Apalagi, pajak dari sektor hiburan tak bisa diharapkan karena sudah tutup,” jelasnya.

Terlebih lagi, kata Herman, sektor pajak yang terkena dampak pandemi ini diantaranya Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Hiburan, Pajak Parkir, Pajak Restoran hingga Perhotelan. “Dari target yang kita tetapkan kemungkinan akan mengalami penurunan 30 persen,” ujarnya.

Untuk itu, kata Herman, pemerintah daerah telah mengambil sejumlah kebijakan agar tidak memberatkan bagi para wajib pajak yang usahanya terdampak pandemi Covid -19. Misalnya dari sisi pelaporan pembayaran pajak, dan keringanan dari sisi waktu (jatuh tempo).

Lalu, menghapus sanksi administrasi yang diberikan bagi para wajib pajak. “Kami masih berharap adanya investor proferty baru yang masuk. Agar bisa terserap PBB dan BPHTB,” tandasnya. (dny)



Apa Pendapatmu?