Alexa Metrics

Buka Layanan Online Demi Layanan Prima di Masa PSBB

Buka Layanan Online Demi Layanan Prima di Masa PSBB 21

indopos.co.id – Siloam Hospitals berinovasi dengan menghadirkan layanan rawat jalan yang dapat diakses secara online demi kelangsungan pelayanan di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals, Caroline Riady mengatakan, ini dilakukan agar masyarakat tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan dari luar rumah sakit.

“Kesinambungan penting sekali di dalam penanganan penyakit kronis. Jangan sampai pengobatan pasien terputus karena PSBB,” ujarnya kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Senin (4/5/2020).

Banyak penyakit, terutama penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan hipertensi yang akan menjadi masalah lebih besar jika tidak dimonitor dan diobati secara rutin. Oleh karena itu, Siloam Hospitals memakai teknologi agar pasien tetap dapat berobat meskipun tidak datang ke rumah sakit.

“Dengan jaringan Siloam Hospitals yang luas, layanan ini juga memungkinkan dilakukannya konsultasi online antar wilayah atau kota,” katanya.

Melalui layanan online, pihaknya memberi kemudahan konsultasi virtual dengan dokter umum maupun spesialis. Pasien dapat melakukan video call langsung dengan dokter yang sudah biasa menangani pasien dan tahu riwayat penyakit pasien.

Hasil konsultasi online pun akan dicatat di rekam medis rumah sakit pasien. Hal tersebut penting untuk memastikan kesinambungan terapi dan pengobatan yang dijalani oleh pasien.

“Pelayanan rawat jalan online kami juga termasuk pelayanan ke rumah yang tidak mungkin dilakukan secara virtual. Contohnya vaksinasi, perawatan luka, serta fisioterapi bagi pasien pasca stroke,” jelas Direkur Pelayanan Medis Siloam Hospitals,
dr. Grace Frelita

Untuk menggunakan layanan telekonsultasi Siloam Hospitals, pasien dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Aido Health yang tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

Setelah memilih rumah sakit, jadwal konsultasi yang tersedia, dan melakukan pembayaran, pasien dapat memeriksa kotak masuk di email untuk mendapatkan tautan meeting dan sandi yang akan digunakan untuk video call. Pada hari dan jam konsultasi yang sudah dijadwalkan, pasien dapat mengakses tautan meeting yang diberikan untuk memulai konsultasi dengan dokter sekitar 20 menit.

Jika ada obat yang perlu diresepkan untuk pasien, dokter akan memasukkan resep tersebut dengan menggunakan e-prescription yang terhubung dengan rumah sakit. Selanjutnya, tim farmasi rumah sakit akan menghubungi pasien untuk konfirmasi pengiriman obat setelah pasien melakukan pembelian melalui aplikasi Aido Health.

Saat ini, layanan rawat jalan online tersedia di Jakarta, Tangerang, Medan, Balikpapan, Denpasar, Surabaya, Palembang, dan Makassar serta segera tersedia di seluruh jaringan Siloam Hospitals. Untuk pembayarannya, selain secara pribadi, Siloam Hospitals juga membuka kerja sama dengan pihak rekanan asuransi.(mdo)



Apa Pendapatmu?