Bundesliga di Mata Karl-Heinz Rummenigge, La Liga Spanyol Selamati dan Presiden Lyon Harap Liga Prancis Ikutan

indopos.co.id – Dilanjutkannya lagi musim kompetisi Bundesliga atau liga Jerman akan membuat akhir pekan menjadi lebih mudah bagi semua orang di Jerman selama pandemi virus corona jenis baru penyebab Covid-19 ini.

CEO Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge mengatakan, Bundesliga akan aktif kembali 15 Mei setelah pemerintah Jerman memberikan lampu hijau untuk kembali beraksi.

Bundesliga menjadi liga sepak bola besar Eropa pertama yang melanjutkan lagi musim kompetisi setelah terhenti karena pandemi virus corona. Dua tetangga Jerman lainnya, Belanda dan Prancis, sudah menyatakan musim ini telah berakhir.

Rummenigge yakin keputusan ini adalah langkah penting dan berdampak positif terhadap masyarakat. FC Bayern menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya, puji Rummanigge puas dan merasa bahagia.

Baca Juga :

“Kami sudah bekerja lama dan keras untuk hal ini. Dengan adanya lampu hijau dari politisi maka kami punya syarat untuk memulai lagi liga. Itu adalah langkah penting bagi Bundesliga,” kata legenda sepak bola Jerman ini seperti dikutip Sky Sports.

Perdana Menteri Bavaria Markus Soder telah menyatakan bahwa sepekan bersama Bundesliga adalah jauh lebih berterima daripada satu pekan tanpa Bundesliga. Kalimat itu mengungkapkan segalanya.

“Kita tahu sepak bola tidak mutlak penting. Tetapi sepak bola berarti bagi masyarakat. Ketika kami mengawali bertanding pertengahan Mei, maka akhir pekan-akhir pekan nanti bakal lebih enteng bagi semua orang,” ujarnya.

Rummenigge memuji panitia penyelenggara yang tidak mau mengikuti langkah Prancis dan Belanda. “Adalah penting Bundesliga diputuskan di lapangan dan buka di luar lapangan seperti di Belanda atau Prancis,” sambung dia.

Yang seperti itu menciptakan masalah, nilai dia, siapa yang juara, siapa yang lolos ke Liga Champions, siapa yang degradasi? Itu semua mengantarkan kepada ketidakpuasan dan masalah hukum. “Sudah bagus Bundesliga jalan terus. Ini akan berdampak finansial besar seandainya Bundesliga dihentikan. Sakit berat untuk semua klub,” ujarnya.

Rummenigge lalu berbicara tentang klubnya, bahwa “(Para pemain dan staf Bayern) akan masuk karantina mulai Sabtu di sebuah hotel di sini di Muenchen. Dari sana, akan dikarantina sampai tim dengan staf pendukung menghabiskan seluruh waktu di antara mereka.”

“Mereka akan meninggalkan hotel itu hanya untuk berlatih. Tidak akan lebih satu pekan, jika liga lanjut pada 15 atau 16 Mei. Kami akan menyesuaikan diri dengan konsep DFL yang mana sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan, Institut Robert Koch dan Kementerian Tenaga Kerja.”

“Kami semua sudah bekerja keras untuk memulai lagi musim. Ini hari keberuntungan bagi sepak bola yang mana saya berterima kasih kepada politik. Kami kini punya masalah lain. Ini adalah topik yang ingin kami atasi dan dan putuskan di masa nanti.”

La Liga menyelamati Bundesliga atas tekad liga utama Jerman itu  untuk meneruskan kompetisi yang terhenti oleh pandemi virus corona. Bundesliga bakal menjadi liga sepak bola besar Eropa pertama yang melanjutkan musim pada 15 Mei kendati Prancis, Belanda, dan Belgia memutuskan mengakhiri musim 2019/2020.

Spanyol sempat dalam kondisi darurat sejak 13 Maret namun pekan lalu Perdana Menteri Pedro Sanchez mengklarifikasi rencana mengendurkan lockdown setelah kasus virus corona menurun di negeri ini.

Spanyol mencatat 253.682 kasus terkonfirmasi dan 25.850 korban meninggal dunia atau terparah keempat di belakang AS, Inggris dan Italia. Para pemain La Liga bakal kembali ke fasilitas-fasilitas latihan pekan ini guna menjalani tes COVID-19 sambil berharap bisa kembali berlatih akhir pekan ini.

“Dari La Lifa kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bundesliga atas keputusan pemerintahnya yang memulai lagi kompetisi pertengahan bulan Mei ini, selain juga kepada liga-liga lain yang juga diaktifkan lagi di Polandia, Israel, Turki, Kroasia, Bulgaria, Serbia, Hungaria, Denmark dan Portugal,” kata La Liga dalam laman football-espana.

“Ini kabar yang sangat baik bagi sepak bola Eropa, untuk kembali ke normal baru dan untuk reaktivasi kehidupan ekonomi dan sosial yang penting ini. Di Spanyol, olah raga merepresentasikan 1,37 persen dari PDB, 185 ribu lapangan kerja dan 4,1 miliar euro pendapatan pajak per tahun. La Liga dan klub-klubnya akan terus bekerja sampai sepak bola Spanyol juga bisa kembali.”

Presiden Olympique Lyon Jean-Michel Aulas berharap Liga Prancis dapat diselesaikan, setelah melihat rencana Jerman untuk meneruskan Bundesliga. Liga Prancis dinyatakan usai pada pekan lalu dengan menyisakan sepuluh pertandingan. Paris St Germain (PSG) kemudian dinobatkan sebagai juara dan Lyon berada di luar zona Eropa untuk musim depan.

Aulas pada pekan ini mengatakan klubnya “menelan banyak kerugian,” dan memperingatkan ia akan menuntut “jutaan euro” dari sejumlah organisasi. Pada Rabu Liga Jerman mengatakan pihaknya berencana meneruskan kompetisi pada 15 Mei. Seandainya itu terwujud, maka Liga Jerman akan menjadi liga papan atas Eropa pertama yang kembali bergulir setelah dihentikan akibat pandemi COVID-19.

“Saya mendapati bahwa latihan dapat dilanjutkan pada hampir sepuluh negara Eropa. Dengan mengadaptasi metode kami, kami mungkin akan dapat menyelesaikan musim,” kata Aulas kepada harian Prancis L’Equipe.

“Kami berada di jalur yang salah, namun belum terlambat untuk berusaha dan memikirkan sesuatu yang koheren. Sepanjang masih ada kehidupan, masih ada harapan.

“Bagi semua orang yang argumennya untuk menghentikan kami adalah liga-liga lain akan berhenti, (keputusan Liga Jerman) merupakan langkah yang sangat penting,” jawab Aulas ketika ditanyai kapan Prancis dapat mengubah keputusan.

Setelah menyelesaikan musim di peringkat ketujuh, Lyon harus menjuarai Piala Liga Prancis atau Liga Champions untuk mendapatkan tiket ke Eropa musim depan.

Pada final Piala Liga Prancis, Lyon akan berhadapan dengan PSG pada jadwal yang belum ditentukan. Liga Spanyol, Liga Italia, dan Liga Inggris berharap dapat melanjutkan musim kompetisi, namun mereka belum merilis jadwal revisi. (ant)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.