Alexa Metrics

Bertambah Jadi 1.274.036 Kasus, termasuk Dua Pejabat Gedung Putih dengan 77.034 Kematian

Bertambah Jadi 1.274.036 Kasus, termasuk Dua Pejabat Gedung Putih dengan 77.034 Kematian Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan pertemuan dengan pemimpin militer senior dan Tim Keamanan Nasional di ruang Cabinet Gedung Putih, di Washington, Amerika Serikat, Sabtu (9/5/2020). REUTERS/Y

indopos.co.id – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (9/5/2020) mengumumkan data terbaru mengenai jumlah kasus virus corona, yakni 1.274.036 orang, yaitu kenaikan 25.996 kasus dari jumlah sebelumnya. Angka CDC belum tentu mencerminkan kasus yang dilaporkan oleh masing-masing negara bagian.

Sementara itu, jumlah korban meninggal juga mengalami kenaikan sebanyak 1.557, menambah total menjadi 77.034 kematian. CDC melaporkan penghitungan kasus penyakit pernapasan, yang dikenal dengan COVID-19 dan disebabkan oleh virus corona jenis baru, pada 8 Mei pukul 16.00 ET, dibanding jumlah pada 7 Mei 2020.

Dari jumlah itu termasuk dua pejabat AS setingkat kabinet yang menjalani karantina mandiri pada Sabtu (9/5/2020) setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terbukti positif mengidap virus corona, menurut juru bicara dan laporan media.

Direktur CDC Robert Redfield  mengatakan, akan bertugas secara virtual selama dua pekan ke depan setelah sedikit terpapar oleh seseorang di Gedung Putih positif wabah virus corona jenis baru penyebab Covid-19, demikian dilaporkan Washington Post, yang mengutip juru bicara yang dikutip Reuters.

Komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Stephen Hahn juga menjalani karantina mandiri, beberapa pekan usai melakukan kontak dengan seseorang pengidap COVID-19, kata juru bicara FDA kepada Reuters, Jumat (8/5/2020).

Hahn langsung mengikuti tes COVID-19 dan hasilnya negatif, kata sang juru bicaran, Michael Felberbaum, melalui pernyataan. “Seperti yang dituliskan Dr.Hahn dalam sebuah catatan kepada stafnya hari ini, ia baru saja melakukan kontak dengan orang yang positif mengidap COVID-19,” kata juru bicara FDA dilansir Reuters.

Sesuai panduan CDC, ia kini menjalani karantina selama dua pekan. Media Politico melansir bahwa Hahn melakukan kontak dengan Katie Miller, juru bicara Wakil Presiden AS Mike Pence.

Miller, istri salah seorang penasihat senior Presiden Donald Trump, terbukti positif virus corona pada Jumat. Perkembangan itu meningkatkan kekhawatiran soal potensi penyebaran virus di dalam lingkaran terdalam Gedung Putih.

Diagnosis Miller, yang menikah dengan penasihat migrasi sekaligus penulis pidato Gedung Putih, Stephen Miller, diumumkan oleh Trump pada pertemuan anggota dewan Republikan, Jumat. Seorang pelayan Wapres Mike Pence juga terinfeksi virus corona. (ant)



Apa Pendapatmu?