Alexa Metrics

Rayakan Ulang Tahun Ke-60, Bono Berterima Kasih pada 60 Seniman dan Berjanji untuk Tulis Surat Penggemar

Rayakan Ulang Tahun Ke-60, Bono Berterima Kasih pada 60 Seniman dan Berjanji untuk Tulis Surat Penggemar Bono menuliskan surat penggemar untuk 60 seniman favoritnya.
indopos.co.id – Vokalis band U2, Bono berjanji menulis surat penggemar untuk 60 seniman untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 60. Pada Minggu (10/5/2020), penyanyi itu mengunggah daftar putar di situs web resmi U2. Ia menyebut lagu-lagu tersebut sebagai “60 lagu yang menyelamatkan hidupku”, dan berjanji untuk menulis surat pada 60 seniman tersebut.

Bono mengunggah 6 surat pertama di situs web itu, dan menuliskan pujiannya untuk Billie Eilish, David Bowie, Kraftwerk, Daft Punk, Luciano Pavarotti dan Massive Attack. Seniman-seniman lain yang masuk dalam daftar 60 penyelamatnya adalah Nick Cave, Bob Dylan, Lou Reed, Patti Smith, Johnny Cash, Elvis Presley, Clash, Van Morrison, dan Johnny Cash.

Ada beberapa lagu yang cukup mengejutkan karena merupakan lagu baru dan berorientasi pop seperti lagu Colplay berjudul Clocks, Ray of Light milik Madonna, Born This Way karya Lady Gaga, lagu The Bee Gees berjudul Immortality, dan Show Me the Way karya Peter Frampton.

“Ini adalah beberapa lagu yang menyelamatkan hidupku,” tulis penyanyi itu seperti dilansir Variety. “Yang aku tidak bisa hidup tanpanya, yang membuatku dari sana ke sini, nol sampai 60, melalui semua luka, segala bentuk gangguan, dari yang serius sampai yang konyol, dan kebahagiaan, sebagian besar sukacita,” lanjutnya.

“Aku menulis surat penggemar untuk menemani setiap lagu dan untuk mencoba dan menjelaskan ketertarikanku,” tambah Bono. Galeri yang berisikan surat-surat untuk penyelamatmya akan diunggah dalam beberapa hari mendatang di situs web resmi U2.

Lagu Everything I Wanted dari Billie Eilish, yang dirilis November lalu, adalah lagu terbaru dalam daftar Bono. “Untuk Billie (Finneas juga),” tulisnya.

“Telingaku merindukan ruang kosong untuk mengembara, untuk menyelinap menjauh dari kepadatan permukaan digital dengan terlalu banyak informasi. Aku melangkah ke dalam lagumu dan itu adalah keindahan hitam, sangat rentan dan mengerikan, tanpa rasa takut dan kekhawatiran. Tetapi kalian tidak khawatir akan itu semua. Kalian mengungkapkannya sehingga kalian dapat menguasai perasaan yang menggerutu. Aku memikirkan Carole King, aku memikirkan Roy Orbison. Tapi sama seperti mereka, ini tidak pernah ada sebelumnya. Penggemarmu, Bono,” kata Bono dalam surat yang ia tulis untuk Billie dan Finneas.

Billie bukan satu-satunya lagu rilisan 2019 yang masuk dalam daftar tersebut. Untuk Bruce Springsteen, secara mengejutkan, Bono tidak memilih lagu klasik dari kanon tetapi There Goes My Miracle, sebuah lagu dari album Western Stars yang dirilis tahun lalu (anotasi oleh Bono untuk datang kemudian).

Bono juga menulis surat untuk Kraftwerk, yang telah ditinggalkan salah satu personelnya, Florian Schneider minggu lalu. “Aku memberi isteriku, Ali Salinan untuk hadiahnya yang ke 17 tahun pada 1978,” tulisnya.

“Neon Lights adalah lagu tentang menjadi masa depan yang sekarang telah menjadi sangat familiar, cukup mudah untuk melupakan betapa anehnya itu,” lanjutnya. Dia berterima kasih pada anggota yang masih hidup karena telah meminjamkan Florian selama ini. “Semoga ia beristirahat dengan damai,” tutupnya.

Variety melaporkan bahwa surat Bono tentang lagu Life on Mars? Karya David Bowie ia tujukan pada puteranya, Duncan Jones. “Ketika aku mendengar lagu ayahmu Life on Mars? Di radio pada 1973, aku bersembunyi di balik selimut tempat tidurku di Jalan Cedarwood 10, mendengarkan stasiun radio bajakan bernama Radio Caroline. Aku tidak memikirkan tanda tanya pada judulnya. Aku tidak peduli dengan pertanyaan dramatis ‘Apakah ada kehidupan di Mars?’ Lagu itu menjawab pertanyaan yang jauh lebih penting ketika aku berusia 13 tahun. Apakah ada kecerdasan di bumi? Itu bukti yang sejauh ini aku ketahui,” tulis Bono.

Bono menulis pesan terpisah untuk Daft Punk, Nile Rodgers dan Pharrell Williams tentang lagu mereka berjudul Get Lucky. “Untuk Rodgers, kau menulis lagu sehingga kau bisa berada di dalamnya. Dan sentuhan ringan itu tidak pernah lebih baik daripada yang ini,” tulisnya dalam surat yang ditujukan utnuk Nile Rodgers.

“Untuk William,” tulisnya. “Kau adalah alasan untuk meyakini bahwa segalanya adalah mungkin. Kau adalah alasan untuk meyakini hal yang mustahil,” tambah Bono dalam suratnya yang ditujukan pada Pharrel Williams.

Bono memasukkan tiga lagu, di mana ia berkolaborasi dengan artis lain seperti Pavarotti, Kendrick Lamar dan Frank Sinatra. Dia menulis surat untuk Alice Pavarotti, putri penyanyi itu, tentang salah satu lagu kolaborasinya berjudul Miserere. “Aku hampir tidak ingat tentang apa itu, selain pengampunan, dan bersulang untuk hidup,” tulisnya. (fay)



Apa Pendapatmu?