Bupati Muba Salurkan Bantuan Terdampak Covid-19 untuk 86.099 KK

indopos.co.id – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada 86.099 KK (Kepala Keluarga), yang terdampak pandemi Covid-19. Penyaluran bansos dilakukan secara simbolis di Desa Baru Jaya, Kecamatan Jirak Jaya, Senin (11/5/2020).

Bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diperuntukan bagi 86.099 KK. Terdiri dari 81.758 KK yang tersebar di 227 Desa dan 4.341 KK tersebar di 13 Kelurahan.

Bansos yang distribusikan ke 81.758 KK di 227 Desa antara lain, bansos Penerima Keluarga Harapan (PKH), nilainya variatif per bulan untuk 17.545 KK .

Kemudian bansos sembako/BPNT Rp600 ribu untuk 16.435 KK selama 3 bulan. Bansos BLT Kemensos, Rp600 ribu untuk 7.530 KK selama 3 bulan. Kemudian bansos BLT Dana Desa, Rp600 ribu untuk 40.248 KK selama 3 bulan.

Baca Juga :

Untuk bansos PKH, BPNT Sembako, dan BLT Kemensos yang akan didistribusikan di 13 Kelurahan sebanyak 4.341 KK. Ditambah bansos APBD dengan kuota 10bribu KK senilai Rp600 ribu selama 3 bulan disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba. Bantuan akan disalurkan secara bertahap sambil menunggu proses verifikasi dan validasi data KK di Lapangan.

Selain itu, Pemkab Musi Banyuasin juga menyiapkan bansos APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) senilai Rp600 ribu selama 3 bulan untuk 5 ribu KK terdampak Covid-19 di luar penerima manfaat PKH, BPNT, BLT Kemensos, dan BLT Dana Desa bagi warga yang berdomisili di Desa.

Sehingga jumlah total keluarga penerima bansos JPS seluruhnya adalah 101.099 KK untuk masyarakat Musi Banyuasin yang terdampak pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyerahkan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) dana desa 2020. Saya minta kepada seluruh Camat dalam Kabupaten Muba untuk mendampingi dalam hal pembagian. Serta pengawasan BLT dana desa dengan melibatkan unsur Forkompicam di wilayahnya masing-masing. Sehingga pembagian bantuan langsung tunai dana desa di Kabupaten Muba 2020 tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” ujar Dodi Reza.

Dia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat di tengah menghadapi pandemi Covid-19. “Kalau pandemi ini sudah selesai kita lanjutkan lagi Pembangunan di kecamatan Jirak Jaya ini. Tapi sekarang kita harus fokus dulu untuk mengatasi dampak Covid-19 ini,” jelas Dodi Reza

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Musi Banyuasin Richard Cahyadi mengatakan untuk wilayah Kecamatan Jirak Jaya ada 2.035 KK penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dengan total BLT keseluruhan Kecamatan Jirak Jaya sebesar Rp3,66 miliar.

“Sedangkan untuk BLT Desa Baru Jaya Kecamatan Jirak Jaya jumlah penerima sebanyak 137 KK atau sebesar Rp247.494.900,- dan sesuai arahan Pak Bupati langsung diserahkan hari ini juga,” jelasnya.

Terpisah, Wahyu Rahmi A, salah satu warga Dusun 4 desa Baru Jaya, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Muba terutama pada Bupati Dodi Reza Alex yang sangat peduli, bijaksana dalam menyikapi dan mengatasi dampak virus corona.

“Kami warga Jirak Jaya mengucapkan terima kasih sekali kepada Bupati Dodi Reza Alex, Wakil Bupati Beni Hernedi beserta jajaran Pemkab Muba yang sangat peduli, dan juga mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Bagi kami bantuan ini sangatlah berarti. Semoga Pemkab Muba semakin terdepan maju berjaya,” ujarnya.(srv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.