Alexa Metrics

Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 PMI

Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 PMI Telkomsel dipercaya untuk menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM) yang akan membantu PMI untuk tetap dapat menerapkan pembatasan fisik (physical distancing) dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu plasma darah pada program penanggulangan COVID-19. Foto: humas Telkomsel

indopos.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Telkomsel mengumumkan kolaborasi dalam menjalankan upaya kolektif untuk menanggulangi wabah virus corona jenis baru penyebab Covid-19 di Indonesia.

Pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 yang diinisiasi PMI, Telkomsel dipercaya menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM) yang akan membantu PMI untuk tetap dapat menerapkan pembatasan fisik (physical distancing). dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu box berisi plasma darah pada program penanggulangan COVID-19.

Kolaborasi ini merupakan upaya lanjutan Telkomsel yang terus bergerak maju mengambil peran aktif dalam upaya gotong royong bersama seluruh elemen bangsa untuk melakukan pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 merupakan inisiatif PMI dalam melakukan upaya mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus corona sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

Program tersebut telah berjalan di berbagai daerah sejak Maret 2020. PMI menjadwalkan program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 akan dilaksanakan selama enam bulan hingga September mendatang di 34 Provinsi di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama PMI dalam memperkuat upaya kolektif antar lini sekaligus sangat bangga karena solusi IoT Telkomsel dipercaya dalam membantu penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Inisiatif ini, nilai Setyanto, membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi IoT dapat secara efektif mengurangi keterlibatan manusia terutama ketika pembatasan fisik sangat diperlukan, sekaligus menjaga agar aktivitas operasional tetap dapat berjalan tanpa hambatan.

“Kami sangat senang, solusi IoT yang kami hadirkan tidak hanya memberikan dampak nyata untuk kepentingan bisnis lintas industri, tapi juga mendukung keberhasilan implementasi penanggulangan bencana seperti yang dilakukan PMI pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 ini,” ujar Setyanto dalam rilis Humas.

Kolaborasi Telkomsel dengan PMI ini, sambung dia, sejalan dengan kepedulian Telkomsel terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia. “Kami berkomitmen untuk terus bergerak maju bersama segenap elemen masyarakat Indonesia dalam menjalankan peran Telkomsel sebagai digital telco company dengan menyediakan solusi-solusi digital yang bisa membantu penanggulangan pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari komitmen dan kolaborasi pihak korporasi untuk ikut terlibat dan berpartisipasi dalam upaya penanganan wabah Covid-19.

“Peran teknologi sangat membantu masyarakat dan lembaga tertentu dalam melakukan pencegahan virus corona. Dengan adanya teknologi ini, diharapkan bisa membantu PMI, terutama dalam manajemen kendaraan dan manajemen kegiatan operasional,” imbuh Sudirman.

Pada Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19, Telkomsel berperan dalam menyediakan layanan IoT FleetSight dan TOMS untuk menjalankan fungsi kontrol terhadap sekitar armada kendaraan PMI.

Sedangkan layanan APM disediakan untuk memonitor suhu box berisi plasma darah yang dikirimkan dari Unit Donor Darah (UDD) PMI ke Rumah sakit di wilayah Jabodetabek.

Penyediaan solusi meliputi pemberian perangkat yang dibutuhkan, lisensi aplikasi FleetSight, TOMS dan APM, serta konektivitas data yang digunakan untuk mengakses aplikasi. (ers)



Apa Pendapatmu?