Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BRI Gandeng Platform Online Salurkan KUR Digital

indopos.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus membuat terobosan baru dalam kaitannya mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi COVID-19. Yang terbaru, Bank BRI sebagai salah satu enabler di industri digital Indonesia bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan inisatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (14/05). Ia menambahkan di tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee & Grab untuk menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital. “Tahap selanjutnya, BRI akan bekerja sama juga dengan Tokopedia dan Gojek yang dimana saat ini di tahap finalisasi kerjasama,” imbuhnya.

Dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id. “Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi,” tambah Sunarso. Hingga akhir April 2020 Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 43,2 Triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia.

Inisiatif ini disambut baik oleh platform digital yang bekerjasama dengan Bank BRI. “Kami percaya penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain dapat membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini” jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, “Sebagai wujud nyata dukungan kami terhadap imbauan stimulus penanganan COVID-19 di platform e-commerce yang diinisiasi pemerintah, kerja sama antara Shopee dan BRI diharapkan dapat menjadi solusi pembiayaan UMKM yang dapat bantu meringankan para mitra penjual kami di tengah keadaan yang sulit ini. Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platform kami. Namun kami yakin untuk dapat menjaga perekonomian Indonesia tetap berputar, diperlukan sinergi berkelanjutan dari pemerintah dan pihak swasta. Oleh karenanya, kami akan terus berupaya untuk terus menyediakan program yang dapat membantu sektor UMKM yang terkena dampak paling berat di tengah situasi pandemi.”

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan “Dalam masa pandemi COVID-19 ini, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal. Kami berikan apresiasi kepada Bank BRI dan kami percaya kemitraan strategis ini dapat berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha mitra kami, di tengah masa pandemi ini. Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra usaha GoFood, penyaluran KUR digital yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka,” imbuhnya.

“Selain bantuan dalam bentuk fasilitas pembiayaan, Bank BRI juga akan terus menciptakan inisiatif baru untuk mendukung keberlangsungan dan penyelamatan pelaku UMKM di Indonesia,” pungkas Sunarso. (adv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.