Alexa Metrics

Perkumpulan Keluarga Trisakti Hibahkan Satu Set Unit PCR GeneReach Biotechnology dan Reagent ke Gugus Tugas Covid-19

Perkumpulan Keluarga Trisakti Hibahkan Satu Set Unit PCR GeneReach Biotechnology dan Reagent ke Gugus Tugas Covid-19 trisakti
indopos.co.id – Semangat membara dalam berjuang melawan penyebaran virus corona (Covid-19). Perkumpulan Keluarga Trisakti (PERKATRI)  bekerjasama dengan PT. Kinglab Indonesia telah menghibahkan satu set unit PCR lengkap berikut reagennya kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di BNPB, Jakarta Timur.
Adapun PCR tersebut memiliki teknologi terbaik yang dibuat oleh GeneReach Biotechnology Corp yang dapat bekerja secara otomatis, efektif dan efisien serta berbasis real time. Dalam penyerahan hibah PCR beserta reagennya yang bernilai lebih dari satu milyar rupiah tersebut diwakili oleh empat orang perwakilan dari PERKATRI yaitu Saut Mangatas Sinaga, Andri Yusana, Maria dan Yusup Pratomo.
Dalam kesempatan tersebut, PCR telah diterima langsung oleh Kepala BNPB yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI, Doni Monardo di Graha BNPB Jakart. Secara simbolis hibah tersebut diserahkan oleh Saut Mangatas Sinaga selaku Sekertaris Jendral  PERKATRI, Senin (11/5/2020).
Dari tim PERKATRI diterima sangat baik dan merasa terhormat di ruang kerja Bapak Letjen TNI. Doni Monardo, selaku Kepala BNPB/Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan disela-sela agenda serah terima hibah tersebut bertepatan dengan adzan maghrib saat berbuka puasa bulan Ramadan dan ibadah salat maghrib.
Dengan telah diterimanya bantuan hibah oleh Gugus Tugas berupa satu set unit PCR berikut reagen diharapkan dalam pemeriksaan PCR dapat dilakukan hasilnya lebih cepat, tepat, akurat dan pengerjaanya lebih mudah tanpa terbatasi oleh kurangnya tenaga ahli yang khusus mengoperasikan PCR. Selain itu, hasil test swab Covid-19 sudah didapatkan dalam waktu 85 menit.
Alat dimaksud bernama POCKIT CENTRAL PCR buatan Taiwan yang juga memiliki kantor cabang di Amerika Serikat itu diyakini merupakan salah satu kunci keberhasilan Negara Taiwan dalam penanganan Covid-19. Alat PCR itu juga merupakan alat yang dihibahkan oleh WHO kepada beberapa negara yang memiliki keterbatasan tenaga ahli PCR karena pengoperasiannya sangat mudah dan aman. Tidak perlu menggunakan BSL 2 melainkan cukup dengan BSC 2.
Pockit Central PCR ini juga sudah digunakan di beberapa wilayah di Indonesia.
Dengan telah diterimanya oleh Gugus Tugas PCR tersebut rencana akan difungsingkan di Bandara selama masa pandemi Covid-19.
“Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa alat tersebut bekerja dengan robotic sehingga keamanan tenaga kesehatan dapat lebih terjamin, dikarenakan kontak dengan sampel Covid-19 akan lebih singkat,” pungkas Sekjen PERKATRI Saut Mangatas Sinaga, didampingi oleh Wasekjen PERKATRI Maria Noviana, Tenaga ahli Yusup Pratomo dan Penasehat ahli Andri Yusana saat penyerahan hibah tersebut kepada instansi BNPB sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
“Kami berharap dengan gerakan kami ini dapat memberikan motivasi dan contoh serta dapat mendorong organisasi-organisasi perguruan tinggi lainnya untuk dapat turut andil dalam membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 didalam melakukan penanganan Covid-19 ini. Sehingga diharapkan Indonesia dapat segera kembali pulih,” pungkasnya. (mdo) 



Apa Pendapatmu?