Alexa Metrics

Petinggi Uni Eropa Ingin Penyelidikan Independen Soal Asal Mula Corona

Petinggi Uni Eropa Ingin Penyelidikan Independen Soal Asal Mula Corona  Bendera Uni eropa berkibar di depan kantor pusatnya di Brussels, Belgia, (9/12/2019). ANTARA/

indopos.co.id – Ketua kebijakan luar negeri Uni Eropa meminta China berkontribusi secara signifikan melawan pandemi virus corona jenis baru penyebab Covid-19 dan mengatakan harus ada penyelidikan ilmiah independen mengenai asal mula pandemi tersebut, pada Kamis (14/5/2020).

Melalui sebuah kolom di edisi surat kabar Frankfurter Allgemeine Zeitung (FAZ) pada hari ini Jumat (15/5/2020), Josep Borrell mengatakan China harus membantu melindungi dunia dari pandemi corona lebih jauh. “Penyelidikan ilmiah independen tentang asal mula pandemi ini juga perlu,” tulisnya seperti dikutip Reuters.

Virus corona muncul di Kota Wuhan, China tengah pada Desember 2019 dan sejumlah negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara Eropa mengkritik penanganan mereka soal wabah tersebut. China mengaku prosedur mereka terbuka dan terang-terangan.

Borrell juga menyebutkan China harus mengemban tanggung jawabnya yang sepadan dengan bobotnya dalam menangani pandemi, penelitian vaksin dan peningkatan ekonomi global, termasuk memainkan perannya dalam upaya bantuan utang besar bagi negara-negara berkembang yang sangat terpukul. (ant)



Apa Pendapatmu?