Beli Pangan Daring Boleh-boleh Saja, Asal…

indopos.co.id – Jelang Lebaran, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus mengawasi secara intens terhadap produk pangan yang beredar di pasar. Baik itu yang dijual di supermarket, pasar tradisional, bahkan daring.

“Setiap dua hari sekali satgas (satuan tugas) pangan memberikan laporan kepada Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) terkait penjual pangan daring yang ketahuan menjual produk tidak sesuai standar,” jelas Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM Rita Endang dalam konferensi pers online di Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Baca Juga :

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa membeli pangan secara online di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini adalah pilihan bijak. Hanya saja, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini. “Karena membeli secara online, maka konsumen wajib menanyakan beberapa hal. Pastika produk itu punya izin edar Badan POM,” urainya.

Lalu, tambahnya, pastikan bahwa pangan tersebut tidak kadaluarsa dan kemasan juga tidak rusak. “Yang tidak kalah penting adalah, jangan mudah tergiur dengan promo harga diskon. Karena murah terus dibeli, padahal belum tentu baik,” imbuhnya.

Baca Juga :

Kepala Badan POM Penny K Lukito juga memastikan, pihaknya terus melakukan pengawasan pangan secara intens sejak awal Ramadan hingga Lebaran nanti. Menurutnya, di tengah situasi saat ini, meningkatkan daya tahan tubuh adalah yang utama.

Salah satunya, dengan mengonsumsi pangan yang berkualitas dan bernutrisi. “Membeli produk pangan secara online membutuhkan kehati-hatian. Karena banyak hal yang harus diperhatikan,” tegasnya.

Baca Juga :

Dia juga memastikan, bahwa penjual pangan baik itu perorangan maupun retail yang berani menjual pangan tidak layak makan akan dikenai sanksi secara hukum. “Selama proses pengawasan berlangsung, pelanggaran didominasi oleh temuan pangan kadaluarsa. Maka itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan sebelum membeli produk pangan,” imbaunya.(dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.