Ini Alasan Orang Beli Kavling Makam di Taman Pemakaman Muslim Al Azhar

indopos.co.id – Sebuah survei yang dilakukan kepada konsumen menunjukkan adanya 5 alasan mengapa orang membeli kavling lahan makam khusus muslim yang dikelola secara profesional, seperti di Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden yang berlokasi di Karawang Timur, persis di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek.

“Alasan yang paling banyak disampaikan kepada kami adalah keluarga ingin memberikan
penghormatan terakhir yang terbaik untuk orang yang dicintai,” kata GM Sales Al Azhar Memorial Garden Harry Efriyal usai pembagian bingkisan lebaran kepada warga Teluk Jambe, Karawang Timur, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga :

Masuk Ramadan, ’Banjir’ Sembako

Pengelola Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Memorial Garden seperti tahun-tahun
sebelumnya memberikan bingkisan lebaran kepada warga yang tinggal di sekitar kawasan
pemakaman. Bingkisan berupa beras, minyak goreng, sirup, biskuit kalengan dan mie instan
dibagikan kepada 200 warga dengan mengindahkan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 seperti tidak berkerumun, jaga jarak, pengecekan suhu tubuh dan memakai masker.

Menurut Harry, para ahli waris memilih tempat pemakaman yang betul-betul bisa menjadi
tempat peristirahatan terakhir bagi orang yang dicintainya dan setiap waktu bisa berziarah ke makamnya.

Baca Juga :

Alasan kedua orang memesan kavling lahan makam jauh-jauh hari adalah sebagai
persiapan atau wasiat bila terjadi kedukaan. Ahli waris tidak perlu repot dan bingung mencari lahan pemakaman. “Sekarang ini makin sulit mencari lahan makam di kota besar. Seringkali membuat mereka yang ditinggalkan bingung bila tiba-tiba mengalami kedukaan. Dengan adanya persiapan dini, keluarga yang ditinggalkan tidak pusing lagi mencari tempat pemakaman,” ujar Harry.

Alasan ketiga adalah tidak perlu khawatir ada makam keluarga yang dibongkar atau ditimpa orang lain bila suatu saat nanti sudah tidak ada lagi yang mengurus. Menurut Harry, sudah menjadi rahasia umum bahwa hal ini bisa menimpa siapa saja yang lupa melakukan perpanjang biaya sewa lahan makam. Akan ada masa, dimana keluarga tidak ingat lagi bahwa ada makam kakek atau buyut di suatu tempat, tak terurus kemudian hilang. “Dengan pengelolaan secara profesional, keluarga tidak perlu khawatir dengan adanya risiko
seperti ini karena lahan di Taman Pemakaman Muslim Al Azhar dikelola di bawah yayasan,”
tambahnya lagi.

Alasan keempat adalah memberikan kenyamanan dan ketenangan pada ahli waris ketika
melakukan ziarah. Taman Pemakaman Muslim Al Azhar memberikan fasilitas yang diperlukan peziarah seperti tenda dan bangunan khusus untuk tempat berkumpul keluarga. “Konsep makam di dalam taman membuat peziarah merasakan suasana asri,” kata Harry.

Alasan kelima adalah konsumen tertarik dengan penawaran biaya kavling 1 kali, tanpa
adanya biaya perpanjangan sewa lahan dan gratis perawatan rumput selamanya. Taman
Pemakaman Muslim Al Azhar menawarkan layanan “one time payment” seperti ini dan memberikan sertifikat penggunaan lahan makam untuk menjamin konsumen bahwa lahan makam hilang atau ditumpuk. “Tidak akan ada lagi pembayaran perpanjangan sewa lahan atau biaya perawatan rumput bulanan,” kata Harry Efriyal. (vit)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.