Alexa Metrics

Warga Bandung Dikejutkan Suara Dentuman, Ini Penjelasan BMKG

Warga Bandung Dikejutkan Suara Dentuman, Ini Penjelasan BMKG Foto: Ilustrasi

indopos.co.id – Suara dentuman kembali membuat warga terkejut. Kali ini suara dentuman keras itu didengar warga Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020).

Sebelumnya suara dentuman juga terdengar di Jabodetabek pada 12 April 2020. Kemudian Senin (11/5/2020) kembali terdengar sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Terkait dentuman tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, terkait dengan adanya suara dentuman yang dilaporkan terdengar oleh beberapa warga di Bandung dan sekitarnya pada Kamis pagi 21 Mei 2020 antara pukul 08.30 hingga 09.30 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempabumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB.

“Kemudian cuaca di Bandung dan sekitarnya sejak pagi hari ini hingga pukul 10.00 WIB dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan,” jelas Daryono, dalam keterangannya, Kamis (21/5/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 sampai dengan10.00 WIB.

“Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempabumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?