Cegah Covid-19, Pemkab Muba Imbau Perusahaan Lakukan Uji Swab

indopos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) mengimbau perusahaan melakukan uji swab. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Muba Yusuf Amilin, melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja, Juanda mengatakan, selama wabah pandemi Covid-19 ada beberapa perusahaan telah dilayangkan surat imbauan. bahkan surat peringatan.

Baca Juga :

Pemkab Muba Raih Penghargaan Bhumandala Rajata

“Sejak dari awal, Pak Bupati Muba Dodi Reza Alex, memberikan imbauan kepada seluruh perusahaan yang ada, agar dapat menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Namun begitu, masih ada peruasahaan yang tidak mengindahkan imbauan tersebut. Pihaknya lanjut Juanda, sudah mengirimkan Surat Edaran Nomor: SE-560/123/DISNAKERTRANS/2020 tentang kewajiban perusahaan menyediakan sarana dan prasarana bagi karyawan penderita Covid-19 di perusahaan.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari surat edaran Menteri Ketenagakerjaan No: M/3/HK.04/III/2020.

“Sehubungan itu, perusahaan diwajibkan menyediakan fasilitas gedung sehat bagi karyawan, menyediakan alat pelindung diri bagi karyawan, memberikan vitamin serta kekebalan tubuh bagi karyawan, dan menyediakan obat-obatan bagi karyawan yang dinyatakan Covid-19,” jelasnya.

Sedangkan surat edaran Nomor 560/213/Nakertrans/2020 tentang tes swab bagi pekerja atau buruh. Dimana perusahaan diminta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Muba untuk melakukan tes swab kepada seluruh para pekerja. “Hasil uji swab itu dilaporkan kepada Bupati Muba melalui Disnakertrans,” tegasnya

Sejauh ini, lanjut Juanda, sudah terdapat sejumlah perusahaan diberikan peringatan lantaran karyawan atau pekerjanya terpapar Covid-19.

Dalam surat peringatan itu, perusahaan diminta untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. “Serta membuat laporan berkala dan dilaporkan ke Bupati Muba melalui Disnakertrans,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Dodi Reza Alex selaku Ketua Gugus Tugas, bersama Wakil Ketua Gugus Tugas yakni Komandan Distrik Militer (Dandim) 0401 Letnan Kolonel Arm Muhammad Saiffudin Khoiruzzamani dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Muba Ajun Komisaris Besar Polisi Yudhi Surya Markus Pinem mengatakan, pihaknya akan memastikan pencegahan penyebaran Covid-19 terus dimaksimalkan oleh Tim Gugus Tugas.

Untuk meminimalisir penularan wabah Covid-19 dilingkup perusahaan, Dodi secara tegas meminta semua perusahaan di wilayahnya fokus pada pelaksanaan protokol kesehatan. “Tanpa kecuali, semua perusahaan harus patuh protokol kesehatan,” pungkasnya.(sro)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.