Banjir Desa Tanjungsari di Tasikmalaya Berangsur Surut

indopos.co.id – Setelah terendam hingga ketinggian 150 cm, banjir beberapa titik di Desa Tanjungsari berangsur surut. Kondisi terkini termonitor tinggi muka air antara 40 – 60 centimeter (cm).

Banjir yang terjadi pada Jumat (19/6/2020), pukul 05.30 WIB, melanda Kampung Bojongwaru, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Tasikmalaya, Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya memonitor banjir berangsur surut di beberapa titik dengan tinggi muka air 40 – 60 cm.

Baca Juga :

Puluhan Rumah Warga Diterjang Banjir

Saat ini dilaporkan cuaca mendung, sedangkan sebagiaj wilayah lain di Kabupaten Tasikmalaya mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat dampak banjir pada 500 Kartu Keluarga (KK) dan sekitar 70 hektare (ha) lahan pertanian serta ikan. Sejauh ini belum ada laporan terkait korban mengungsi,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga :

Puluhan Ribu Surat Suara Rusak

Banjir, lanjut dia, disebabkan salah satunya oleh hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy.

Dalam penanganan darurat, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Tasikmalaya mengkaji cepat, evakuasi korban, berkoordinasi dengan instansi terkait dan mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada.

Baca Juga :

“Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memonitor perkembangan situasi yang terdampak dan berkoordinasi dengan BPBD setempat,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangannya, Jumat (19/6/2020), Raditya Jati.(rmn)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.