Gelar Kompetisi Matematika Internasional, Pendaftaran Hingga Akhir Juni

indopos.co.id – Tim IT kompetisi Internasional Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) telah menyiapkan platform webcam yang bisa mengetahui gerak gerik peserta saat mengerjakan soal. Pernyataan tersebut diungkapkan Manajer IT (Pendukung Sistem Online I_EMC Muhammad Fakhry Syauqy dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (20/6/2020).
Baca Juga :
Selain dilengkapi dengan fasilitas webcam, menurut Fakhry, peserta I-EMC daring tidak bisa mengulang soal yang sebelumnya telah dikerjakan. Langkah ini untuk meminimalisir tindakan peserta yang tidak jujur.
“Soal yang sudah dikerjakan tidak bisa dibuka lagi. Jadi satu persatu soal harus diselesaikan dengan waktu yang terbatas. Ini sangat tidak mungkin peserta dibantu oleh joki dalam mengerjakan soal,” katanya.
Baca Juga :
Sementara itu, Direktur Eduversal Dwi Prajitno Wibowo menuturkan, di tengah pandemi Covid-19 Eduversal kembali membuka kompetisi matematika secara online. Kompetisi matematika kali berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kompetisi matematika online kali ini kami selenggarakan secara internasional,” ujar Dwi Prajitno Wibowo.
Menurut Dwi, pendaftaran kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi matematika para peserta didik ini bisa dilakukan secara online. Rencananya, kompetisi diadakan secara pada 11 Juli mendatang.
“Peserta bisa bersaing dalam dua level yang berbeda, Level Junior untuk pelajar yang berusia di bawah 14 tahun, dan Level Senior untuk yang berusia rentang 14 sampai 17 tahun,” bebernya.
Lebih jauh Dwi mengungkapkan, sedikitnya 50 negara telah diundang untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini. Hingga saat ini pendaftaran kompetisi yang diselenggarakan menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Rusia telah diikuti 15 negara. Di antaranya negara Uni Emirat Arab, Srilanka, Qatar, Canada, Brazil, Uzbekistan hingga negara Amerika Serikat.
“Untuk pendaftaran dari 8 hingga 30 Juni mendatang, kompetisi kami lakukan pada 11 Juli dan pengumuman-pengumuman pada 18 Juli mendatang,” ungkapnya.
Bagi calon peserta, masih ujar Dwi bisa mendaftar melalui laman website resmi i-emc yaitu www.i-emc.com. Biaya pendaftaran hanya 10 USD, dan setiap peserta berhak mendapatkan sertifikasi elektronik. “Bagi para juara pertama, kedua dan ketiga berhak mendapatkan hadiah menarik dari Eduversal,” katanya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.