Siswa SMK ini Ciptakan Peluang Usaha Dari Mobil Listrik UMKM

indopos.co.id – Siapa sangka dari tangan siswa siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) ini sebuah mobil listrik berhasil diciptakan. Rupanya, pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat siswa siswi dari SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur untuk berinovasi.
“Mobil Listrik UMKM bak warung berjalan berhasil diciptakan hanya berbekal peralatan sederhana,” ujar Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Sampun Hadam dalam keterangan di Jakarta, Selasa (30/6/2020).
Ia menuturkan, para siswa berhasil merakit mobil listrik UMKM bersama guru. Hasil inovasi ini sangat menginspirasi para siswa untuk giat melakukan riset. Selain itu, mengajarkan siswa berinovasi tanpa merusak lingkungan.
“Hasil inovasi ini membuka peluang bagi korban PHK dan para lulusan SMK. Apalagi di masa pandemi Covid-19 banyak perusahaan berhenti beroperasi atau menurun omsetnya, akibatnya banyak pengangguran dampak dari PHK,” terangnya.
Sejati, masih ujar Hadam, pandemi Covid-19 tidak menyurut semangat untuk berinovasi. Pasalnya, motivasi bisa melahirkan peluang usaha. Yang bermanfaat besar bagi para korban PHK dan para lulusan SMK yang tengah menganggur.
“Situasi jangan jadi penghalang dan menyurutkan semangat kita untuk membuka peluang kerja,” tegasnya.
Hadam menjelaskan, hasil inovasi mobil listrik dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk UMKM. Dari bengkel keliling, minimarket, warung kopi hingga menjual nasi pecel.
“Ide inovasi mobil listrik UMKM ini bermula dari gagasan pembuatan kereta cinta atau sepeda cinta, dengan sumber tenaga geraknya ayunan kaki manusia,” katanya.
Sementara, untuk rancang bangun mobil listrik UMKM, menurut Hadam di antaranya dirangkai dari rancang bangun empat buah roda, rancang bangun sistem kemudi, rancang bangun sasis, rancang bangun breaksystem, rangka bangun body hingga rangka bangun kelistrikan.
“Semula kami rancang pembuatan kereta cinta, tapi dari prospek profit tidak mendukung. Akhirnya kami inovasi menjadi mobil listrik UMKM dan lebih prospek profit dan membuka peluang usaha,” bebernya. (mdo)

loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.