Alexa Metrics

Lurah Lubang Buaya Serahkan Santunan BPJAMSOSTEK Rp 42 Juta

Lurah Lubang Buaya Serahkan Santunan BPJAMSOSTEK Rp 42 Juta BERMANFAAT – Penyerahan santunan JKM senilai Rp42 juta kepada ahli waris peserta FKDM yang meninggal dunia, di Kantor Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

indopos.co.id – Lurah Lubang Buaya Dede Syaifullah menyerahkan santunan program Jaminan Kematian (JKM) senilai Rp42 juta kepada Yulia istri anggota FKDM Suarno, yang meninggal dunia 40 hari lalu. Penyerahan secara simbolis berlangsung di Kantor Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur Selasa (30/6/2020).

”Nyawa tidak akan pernah terukur dengan nilai rupiah, berapapun jumlahnya. Tetapi setidaknya ini merupakan bentuk perhatian dan semoga santunan ini dapat membantu keluarga yang ditinggalkan, untuk menata kembali ekonomi keluarga di masa depan,” ungkap Dede Syaifullah. Turut hadir dalam acaa tersebut Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Ceger Dani Santoso.

Sementara itu Kakacab BPJAMSOSTEK Jakarta Ceger Dani Santoso, menyatakan rasa bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum Suarno. Menurutnya, musibah kematian pasti menimpa siapapun namun tidak pernah diketahui kapan datangnya. Dani mengatakan, almarhum Suarno merupakan salah satu pengurus lembaga kemasyarakatan yang tedaftar kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Ceger.

”Seperti yang sering kami sosialisasikan, program BPJAMSOSTEK sekarang ini berhak sekaligus wajib dimiliki oleh seluruh kalangan pekerja dan profesi. Seperti halnya anggota FKDM, pengurus RT, RW, kader jumantik, kader PKK, dsb termasuk pekerja yang berhak dilindungi oleh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ungkap Dani.

Dani mengatakan, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah program negara yang sangat besar manfaatnya namun dengan iuran yang sangat terjangkau oleh seluruh kalangan. Salah satu manfaat yang besar tersebut adalah program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Program ini  memberikan penjaminan pemulihan peserta yang kecealakan kerja tanpa batas biaya dan tanpa batas waktu atau unlimited.

”Sudah banyak peserta yang tertolong oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja ini. Contohnya adalah anggota PPSU yang mengalami kecealakaan saat menjalankan tugas. Peserta maupun keluarganya tidak perlu mengeluarkan biaya rumah sakit sepeserpun karena semua sudah ditanggung oleh BPJAMSOSTEK sampai sembuh sampai bekerja kembali,” paparnya.

Untuk itulah Dani berharap bagi pengurus Lembaga kemasyarakatan yang belum terdaftar segera mendaftar sebagai peserta. Seperti halnya istri almarhum Santoso, Yulia yang juga kader jumantik di RW 07 Lubang Buaya juga terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK.

Begitu pula para pedagang, pelaku UKM, tukang ojek, tukang parkir dsb segera mendaftar.

Sedangkan yang sudah terdaftar kepesertaan, Dani mengimbau agar tertib membayar iuran tepat bulan. ”Karena iurannya sangat murah ada yang berfikiran bayarnya belakangan. Padahal sistem di kami kalau statusnya menunggak iuran, maka manfaatnya tidak berlaku otomatis. Sedangkan musibah tidak tahu kapan datangnya,” ujar Dani. (dni/mdo)



Apa Pendapatmu?