Alexa Metrics

Orang Muda, Ayo Mulai Bisnis

Orang Muda, Ayo Mulai Bisnis putih

indopos.co.id – Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan berperan untuk mendorong kemajuan ekonomi dan sosial. Salah satu yang harus didongkrak pertumbuhannya adalah kehadiran pengusaha yang adaptif dengan teknologi. Kaum muda tentu memegang peranan yang sangat penting dalam hal ini, sebab masa depan bangsa ada di tangan mereka.

Bagaimana respon dan kerjasama mereka akan menentukan kemajuan di Indonesia. Karena itu, sudah seharusnya kaum muda dibekali ilmu bisnis dan kewirausahaan yang tepat.
Berdasar pada hal tersebut, kompetisi Win Your Future bergulir untuk mencari anak muda yang visioner dan memiliki mimpi besar untuk sukses dalam bisnis.

Kompetisi yang digelar eksklusif oleh Universitas Prasetiya Mulya ini mengusung tema Business & Technology. Melalui tema tersebut, para peserta dapat mengembangkan kreasi dan inovasi di bidang apapun, namun tetap menggunakan
unsur teknologi dalam menghasilkan produk bisnisnya.

Win Your Future 2020 diikuti oleh 250 tim siswa/i SMA Sederajat dan mahasiswa/i jenjang S1, datang dari berbagai daerah, seperti Medan, Palu, Surabaya, Semarang, Bali, Palembang dan lainnya.

“Kompetisi tahun ini sangat kompetitif. Dengan tingginya antusias peserta, berbagai proses pengembangan pengetahuan bisnis kami desain untuk mempersiapkan mereka menjadi calon
pemimpin bisnis masa depan,” jelas Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D. Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya.

Setelah proses seleksi, 80 tim semifinalis mendapat kesempatan workshop langsung dari para praktisi bisnis sekaligus Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya. Sonny Agustiawan, S.T., M.S.M., Manager Program S1 Business Universitas Prasetiya Mulya, dalam salah satu sesi workshop memberikan pengetahuan mengenai Business Plan yang berbasis pada inovasi dan orientasi pasar.

“Harapannya, peserta tidak hanya dapat membuat bisnis yang inovatif, namun juga memiliki keunggulan daya saing dalam jangka waktu yang panjang,” jelas Sonny.

Sama halnya dengan proses pembelajaran yang dilakukan di Universitas Prasetiya Mulya, setiap mahasiswa didorong untuk berkreasi secara maksimal melalui bimbingan intensif dari Faculty Member, yang juga berperan sebagai para mentor. Di kompetisi ini, mahasiswa tingkat akhir serta
alumni Prasmul terlibat secara aktif dalam sesi mentoring untuk para semifinalis, mulai dari
persiapan ide bisnis hingga final. “Ajang ini menjadi platform untuk siswa/i SMA mengasah kemampuan kognitif dalam analisa bisnis, menariknya proses mentoring berjalan dengan proaktif
dan kritis,” kata Jeremy Akwila, CEO EVENE, mahasiswa S1 Prasmul yang menjadi salah satu mentor
kategori SMA.

Tidak dapat dipungkiri, ide bisnis dari para peserta begitu kreatif dan berkembang. Tentu dengan pesatnya kecanggihan teknologi, mampu mengakomodir berbagai solusi dari permasalahan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.

“Antusiasme peserta cenderung tinggi, ada beberapa kelompok yang sangat totalitas untuk meningkatkan kualitas business plan-nya. Saya kagum, mereka mampu
me-upgrade kualitas business plan dalam waktu yang relatif singkat,” ungkap Erwin Sidarta. (mdo)



Apa Pendapatmu?