Gedung-Gedung Paling Jangkung

Indopos.co.id – Ibu kota terus bersolek dengan hutan belantara beton. Gedung-gedung pencakar langit terus bermunculan. Predikat gedung-ge- dung tertinggi di ibu kota juga terus berubah. Lalu, siapa peraih predikat gedung tertinggi sekarang?

Gama Tower adalah salah satu gedung tertinggi di Jakarta. Gama Tower menempati area seluas 1,6 hektare di Jl HR Rasuna Said, Kuni- ngan, Jakarta Selatan. Mencakup 64 lantai, gedung ini menjulang 285,5 meter. Gama Tower selain diperun- tukkan sebagai perkantoran, juga difungsikan sebagai hotel yang bernama The Westin Jakarta.

Baca Juga :

Salah seorang karyawan yang bekerja di Gama Tower, Rudy, mengaku senang bisa berkantor di salah satu gedung tertinggi di Ja- karta. Menurutnya, fasilitas gedung sangat modern Bahkan, lift di gedung Gama Tower dinilai yang tercepat di- banding gedung pencakar langit lainnya di Jakarta.

’’Saya senang kerja di sini. Semua fasilitas canggih,’’ ujar Rudy, Senin (6/7).

Baca Juga :

Sayangnya, pihak manaje- men gedung sejauh ini belum bisa diwawancarai. Namun, dari berbagai sumber yang dihimpun, Gamaland meru- pakan salah satu dari delapan pengembang yang dinominasi- kan sebagai yang terbaik untuk proyek Gama Tower dan The Westin Jakarta di ajang Asia Property Awards 2018.

Selain sebagai pencakar langit tertinggi di Indonesia hingga saat ini untuk Gama Tower, The Westin Jakarta juga dinobatkan sebagai hotel tertinggi.

Sebelumnya, Gama Tower dikenal juga sebagai Menara Rasuna atau Cemindo Tower. Fungsinya saat ini sebagai hotel dan perkantoran. Gama Tower juga mengantongi Greenship Gold. Statusnya sebagai gedung tertinggi di dunia berada di per- ingkat 162. Sedangkan di Asia, posisinya berada di urutan 93.

Selain Gamaland, tujuh pengembang Nasional lainnya yang bertarung di Asia Property Awards 2018 untuk mendapat- kan predikat ”Best in Asia” adalah Sinarmas Land, Triniti Land, Belaputera Intiland, Gen- esis Indojaya, Intiland Develop- ment, Permadani Khatulistiwa, dan Agung Sedayu Group.

The Westin Jakarta merupakan salah satu hotel bin- tang lima yang terbilang baru beroperasi di Jakarta. Keunikan dan keunggulan hotel ini adalah pada lokasinya yang berada di bangunan tertinggi di Indonesia sehingga setiap kamar memi- liki pemandangan yang luas ke sekeliling kota Jakarta.

The Westin Jakarta berlokasi di Gama Tower, Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22 Kuningan, den- gan ketinggian 288,6 meter dan memiliki 69 lantai–The Westin berada di 20 lantai teratas. Se- lain itu, ballroom di hotel ini juga menjadi salah satu yang terbesar di daerah Kuningan.

The Westin Jakarta memiliki Java Ballroom yang megah. Lo- kasi ballroom yang ada di lantai dasar membuat para pengguna ballroom tersebut dapat men- gaksesnya dengan mudah.

Java Ballroom memiliki luas 1.094 meter persegi dengan kapasitas hingga 1.200 orang (standing). Apabila ditambah area pre-function yang memiliki luas 338 meter persegi, kapa- sitas tamu bisa mencapai 1.500 orang. Apabila ingin menggu- nakan ruang lebih kecil, Java Ballroom bisa dibagi menjadi dua, yakni East Java dan West Java, dengan kapasitas masing- masing maksimal 500 orang.

Adapun fasilitas lain yang didapat apabila menyewa ballroom ini antara lain layar proyektor, mic nirkabel, note- pad, alat tulis, dan lainnya.

Selain itu, The Westin juga memiliki delapan ruang meet- ing lain yang berada tepat satu lantai di atas Java Ballroom untuk digunakan berbagai keper- luan. Kapasitasnya bervariasi, mulai 15 hingga 150 orang (standing).

Meskipun baru dibuka sekitar satu tahun, ballroom The Westin Jakarta sudah melayani rata-rata 50 kegiatan, seperti pernikahan, seminar, konferen- si, maupun gathering. Adapun klien yang menggunakan Java Ballroom adalah dari perusa- haan swasta, lembaga pemer- intah, dan kedutaan besar.

Java Ballroom pun pernah di- gunakan untuk peluncuran mo- bil baru dari salah satu merek terkenal. Hal itu dikarenakan Java Ballroom memiliki loading door sekitar 2,6 meter. Selain itu, lahan parkir yang tersedia juga bisa menampung hingga 1.000 mobil.

The Westin Jakarta didesain oleh Hirsch Bedner Associates (HBA), salah satu perusahaan desain interior perhotelan terkemuka di dunia. Mereka diberikan tantangan untuk mendesain The Westin dengan mengangkat elemen-elemen Indonesia di seluruh area hotel, termasuk di dalam Java Ball- room.

Interior Java Ballroom dihias dengan bunga trompet yang menjuntai, serta terdapat lampu gantung dengan konsep interior botani (tumbuh-tumbuhan), seperti daun atau bunga-bunga.

The Westin Jakarta—yang merupakan bagian dari Star- wood Hotels & Resorts—berope- rasi sejak 26 Agustus 2016. Hotel bintang lima ini memiliki 256 kamar dan suite. (wok)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.