Alexa Metrics

Putusan MA Tidak Pengaruhi Hasil Pilpres 2019

Putusan MA Tidak Pengaruhi Hasil Pilpres 2019 Gedung Mahkamah Agung.

indopos.co.id – Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof Dr Topo Santoso mengatakan, Putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 44/2019 tidak bermakna kalau Pilpres (pemilihan presiden) satu putaran. Artinya putusan menjadi bermakna kalau ada lebih dari satu pasangan calon. Kenyataannya hanya dua pasangan calon yang berlaga. Namun Topo tidak menyalahkan putusan MA.

“Putusan MA tidak salah, karena batu ujinya UU nomor 7 tahun 2017 (memang di sana tidak diatur kalau pasangannya hanya dua) saya tidak menyalahkan MA. MA hanya menguji UU nomor 7 tahun 2017, karena batu ujinya UU tersebut,” ujar Topo saat menjadi pemantik di acara Sarasehan Kebangsaan, “Putusan MA tentang keputusan KPU tahun 2019 : Apa implikasi hukum dan politiknya, Kamis (9/7/2020).

Topo mengatakan, dengan keluarnya putusan MA bagaimana nasib pilpres? “Problemnya sebelum pemilu, memang kerangka hukum sudah harus jelas. Implikasinya, tentu pilpres sudah selesai diumumkan oleh KPU. PKPU nomor 5 tahun 2019 yang sah, sebelum keluar putusan MA. Sekarang apakah tidak bermakna. Yah bermakna, pasal 3 ayat 7 PKPU, ke depan pilpres pasal 3 ayat 7 tidak berlaku,” pungkasnya.

Adapun Putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 44/2019, adalah putusan terhadap permohonan uji materiil yang diajukan oleh Rachmawati Soekarnoputri dkk.

Norma yang diuji pasal 3 ayat 7 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam Pemilu terhadap pasal 416 UU nomor 7 tahun 2017.(dai)



Apa Pendapatmu?