Alexa Metrics

Ratusan Warung Makan Berkolaborasi di Tengah Pandemi

Ratusan Warung Makan Berkolaborasi di Tengah Pandemi Ilustrasi warung makan.

indopos.co.id – Pandemi mengubah perekonomian masyarakat Indonesia dari semua kalangan. Mulai dari kelas atas, menengah, hingga kelas bawah. Begitu pula dengan usaha-usaha restoran dan kafe bahkan warung makan atau yang akrab disebut warteg juga ikut terpuruk.

“Dari mitra warung binaan kami ada penurunan pendapatan drastis hingga 50 persen,” kata Founder dan CEO Wahyoo Group, Peter Shearer secara daring, Jumat (10/7/2020). Dia mengatakan selama pandemi, semua sektor usaha terpuruk, hanya berharap kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mampu memutar roda perekonomian Indonesia. “Roda perekonomian berjalan dan mereka berkolaborasi dengan banyak stakeholder,” tutur Peter.

Menurut Peter, Warung Makan atau Warteg sangat berpengaruh terhadap pergerakan ekonomi di Indonesia. Ribuan warteg banyak yang terkena dampak COVID-19 karena larangan makan di tempat, berkerumun, dan segala macam. “Untuk itu dengan program bersama JNE ini dapat menghidupkan kembali warteg,” kata Peter.

Peter menjelaskan Wahyoo, perusahaan rintisan (startup) yang melakukan optimalisasi warung makan dan telah beroperasi di Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang memberikan program Makan Gratis untuk Semua bersama JNE. Mereka membagikan 25.400 nasi bungkus kepada masyarakat yang tersebar di 493 RT di Jakarta dengan memberdayakan 100 mitra Wahyoo sejak 1 Juli 2020 hingga 10 Juli 2020.

“Banyak warung makan mitra Wahyoo yang tercatat memiliki penurunan pelanggan bahkan harus tutup akibat terkena dampak COVID-19 ini,” jelasnya.

Presiden Direktur JNE M. Feriadi mengatakan upaya memerangi dampak COVID-19 harus dilakukan dengan kerjasama dan gotong royong. Sebelumnya JNE mendukung pihak pemerintah di DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta pihak-pihak lainnya. Kali ini JNE berkolaborasi bersama Wahyoo, bukan hanya sebatas membantu memberi bantuan pangan untuk masyarakat yang terdampak pandemi, tapi juga diharapkan bermanfaat bagi mitra-mitra Wahyoo sebagai penyedia bantuan pangan yang dibagikan. Hingga saat ini, tambahnya, sudah ada 100 mitra warung makan yang berkolaborasi. (vit)



Apa Pendapatmu?