Alexa Metrics

Ini Alasan Dahlan Iskan Aktif Kembali di Koran

Ini Alasan Dahlan Iskan Aktif Kembali di Koran Dahlan Iskan pada acara Webinar Exclusive : Transisi Media Cetak Dalam Menghadapi Digital Teknologi Global, Jumat malam (10/7/2020).

indopos.co.id – Founder Harian DI’s Way, Dahlan Iskan menceritakan alasan dirinya kembali aktif di dunia koran. Salah satunya karena ada pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkannya saat ditanya Founder TDW Grup, yang juga mantan pasien Covid-19, Tung Desem Waringin dalam acara Webinar Exclusive : Transisi Media Cetak Dalam Menghadapi Digital Teknologi Global, Jumat malam (10/7/2020).

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengungkapkan, sebenarnya dia sudah 3 tahun tidak membaca koran dan majalah. Karena ada masalah. Dan dia memang ingin pergi dari koran dan majalah.

“Karena kalau saya terus di situ, saya bisa terbelenggu. Ujung-ujungnya terkait lagi. Tiga tahun, saya juga tidak aktif di media sosial. Karena Twitter saya dihancurkan, follower saya sudah 2 jutaan. Kemudian ada Covid, saya di rumah saja. Badan terkurung, tapi pikiran terus melayang kemana-mana. Akhirnya terpikir media bagaimana,” jelas Dahlan.

Apalagi Dahlan juga sebelumnya sudah lama berkumpung di koran. Yang membesarkan namanya. Menurutnya, sampai saat ini media online sudah ribuan jumlahnya.

Yang banyak juga kualitasnya tidak dipertahankan. Selain itu pendapatan dari online, terbesar digarap Youtubue, Facebook dan Google. Termasuk di indonesia, pendapatan bisnis online di sedot tingkat dunia.

Kalau begitu, siapa yang bertanggungjawab terhadap kesejahteraan. Kalau tidak sejahtera bagaimana berkualitas. “Saya tidak mau kualitas jurnalistik menurun,” jelas Dahlan.

Walaupun begitu, Dahlan rupanya tetap melirik online. Harian DI’s Way, menurutnya tentu juga ada edisi online. Ditargetkan sekitar tiga bulan mendatang.

“Tapi yang tidak bisa disedot youtube, Google dan Facebook. Supaya pendapatan kita tidak disedot,” jelas Dahlan menceritakan strategi menambah revenue dari online.

“Ini berkah dari di kurung saja (hanya di rumah) karena ada pandemi Covid,” tambahnya.

Namun jangan salah, bukan berarti koran tersebut tidak ekspansi. Dahlan, dalam waktu dekat ini berencana menerbitkan hariannya di sejumlah daerah di luar Surabaya.

Sementara itu, walaupun judul Webinar adalah Transisi Media Cetak Dalam Menghadapi Digital Teknologi Global, Tung Desem Waringin tidak langsung menanyakan hal itu.

Pria berkacamata yang memiliki banyak perusahaan, dan juga sering diminta konsultasi dari berbagai perusahaan, justru banyak bertanya hal lain. Misalnya bertanya tentang nasehat. Yang oleh Dahlan Iskan dijawab cuma satu hanya ikhlas. Sambil membeberkan alasannya.

Juga soal saat kriminalisasi yang dialami Dahlan Iskan. Serta menanyakan perihal sesuatu yang pernah Dahlan Iskan tulis di DI’s Way. Seperti tentang struktur kepemilikan Harian DI’s Way, tes DNA dan sebagainya. Hingga pertanyaan tentang tiga buku dan film yang disukainya. (dai)



Apa Pendapatmu?