Alexa Metrics

Upacara HUT RI di Istana Digelar Minimalis

Upacara HUT RI di Istana Digelar Minimalis Suasana Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (akbar nugroho gumay/antara/foc)

Indopos.co.id – Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin menyatakan, upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus akan diselenggarakan secara minimalis dengan melibatkan sedikit orang.

Hal itu disampaikan Bey saat menyampaikan keterangan pers tentang protokol pelaksanaan upacara HUT RI di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (12/7).

“Yang bertugas, peserta upacara hanya 5 orang setiap angkatan, TNI (Tentara Nasional Indonesia) AU (Angkatan Udara), AD (Angkatan Darat), AL (Angkatan Laut) dan Kepolisian hanya 5 orang, total 20 orang jadi memang sangat minimalis. Pengibar benderanya sangat minimal yakni 3 orang, baik penaikkan dan penurunan bendera,” kata Bey.

Selain itu, protokol kesehatan akan diutamakan dengan menggunakan masker dan sarung tangan saat upacara untuk menghindari penularan Covid-19. Ia mengatakan, protokol upacara HUT RI di Istana Merdeka juga akan menjadi pedoman daerah yang akan memperingati upacara kemerdekaan.

Kendati demikian, ia mengatakan, kesemarakan peringatan HUT RI ke-75 melalui acara sebelum penaikkan dan penurunan bendera berupa acara hiburan tetap diadakan. Acara yang biasanya diadakan di Istana kali ini akan ditampilkan di televisi.

“Kemeriahaan lainnya diharapkan mungkin dari Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) ada semacam lomba peringatan upacara dengan sangat meriah, namun tetap mengutamakan kesehatan,” kata dia. (wok)



Apa Pendapatmu?