Paling Kreatif, Cerdas, Jitu, dan Seksi

indopos.co.id – Banyak orang setuju ketika Jamie Carragher mengatakan Trent Alexander-Arnold adalah bek kanan paling kreatif dan seksi di dunia saat ini. Ia juga kini dinobatkan sebagai full back yang paling jitu mengirimkan umpan silang ke kotak penalti.

Publik sepak bola dunia tentu masih ingat gaya sepak pojok yang dilakukan Trent ketika Liverpool berhadapan dengan Barcelona di Liga Champions pada 8 Oktober 2019. Usai menaruh bola di arena sepak pojok, Trent seolah-olah akan memberikan kesempatan kepada Xherdan Shaqiri untuk menendang sambil pandangannya mengarah ke jantung pertahanan Barcelona. Melihat rekannya Divock Origi kosong, secepat kilat Trent berbalik dan mengirim umpan ke Divock yang tanpa kesulitan melakukan first time. Bola menembus pojok kanan gawang Barcelona. Golll.

Lahir dan dibesarkan di kota pelabuhan di Inggris barat daya, Alexander-Arnold memulai karier juniornya di Liverpool. Ia bahlkan menjadi kapten klub di berbagai level pemain muda. Dia mulai memperkuat tim senior pada 2016 ketika masih berusia 18 tahun. Semenjak itu, Trent sudah tampail lebih dari 80 kali. Dia memenangkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik Liverpool musim 2017-2018 dan 2018-2019.

Dia juga menjadi pemain termuda dari klub untuk bermain di final Liga Champions UEFA. Tahun berikutnya, pada usia 20, ia mendapatkan penghargaan pemain muda PFA. Pada musim 2018-2019 ia memecahkan rekor 12 asis yang pernah dibuat oleh seorang bek di premier league. Trent Alexander-Arnold juga tercatat sebagai pemain tim nasional Inggris. Debutnya di The Three Lions senior pada 2018. Ia menjadi pemain remaja keempat yang tampil di Piala Dunia untuk tim nasional Inggris. ‘’Dia telah membuat posisi itu seksi lagi setelah Gary Neville menampilkan permainan yang sangat membosankan di posisi itu. Ada daya tarik luar biasa dia sana,’’ sebut Garagher lagi.

Trent adalah salah satu bakat terobosan Liga Premier paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Ia menjadi andalan Liverpool dan Inggris. Carragher memuji pemain berusia 21 tahun itu karena penampilan impresifnya. “Dia adalah pemain paling kreatif di tim terbaik di Eropa. Dia adalah pemain berusia 21 tahun dari Liverpool yang bermain sebagai bek kanan,” kata Carragher kepada The Liverpool Echo.

Pelatih mana pun pasti akan tergoda melihat kemampuannya. Cara mainnya cerdas. Ketika kehilangan bola, ia langsung melakukan marking ketat untuk merebut bola lagi. Free kicknya aduhai. Pendek kata, Liverpool melahirkan mutiara. Timnas Inggris mendapatkan berlian langka. Ia mirip-mirip dengan Steven Gerrard.  “Stevie adalah pemain hebat ketika masih anak-anak, tetapi tidak ada yang akan mengatakan dia akan menjadi gelandang terbaik di dunia di awal kemunculannya. Dan Trent bahkan mungkin menjadi bek kanan terbaik di dunia sekarang. Tidak ada yang akan mengatakan itu ketika dia berusia 16 atau 17 tahun.

Baca Juga :

Mata Biru Anak Suku Buton di Sulawesi Tenggara

Trent melakukan debut untuk Liverpool pada Oktober 2016 dalam pertandingan Piala Liga melawan Tottenham. Ia kemudian berkembang menjadi bek kanan pilihan pertama saat Liverpool berlari ke final Liga Champions 2018. Dia lantas memenangkan trofi pertamanya di klub bersama Liga Champions. Setelah itu ia memenangkan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Klub FIFA, kini Liga Premier.

Trent telah menjadi ancaman serius. Kemampuannya mengeksekusi bola mati dan umpan silangnya sangat berbaya ke area kotak penalti. Langkah anak muda itu juga menjadikannya salah satu bintang terbesar di sepakbola saat ini. *

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.