Peringati Kudatuli, FORNAS’96 Gelar Tabur Bunga dan Ziarah ke Makam Taufik Kiemas

indopos.co.id – Forum Nasional 27 Juli 1996 (FORNAS’96) menggelar peringatan Peristiwa 27 Juli, dan tabur bunga di depan Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro Nomor 58 Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, FORNAS’96 juga membacakan pernyataan sikap politik, terkait peringatan Peristiwa 27 Juli. Selanjutnya, FORNAS’96 juga berziarah ke makam Taufik Kiemas.

Ketua Umum FORNAS’96 H. Fachruddin didampingi Sekretaris Jenderal Raya. M. Tampubolon, ST. Spd, mengatakan, peristiwa 27 Juli 1996 adalah bukti nyata sebuah sejarah kelam ‘Matinya Sistem Demokrasi di Era Orde Baru’ dimana pengambil alihan Gedung DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada saat itu, di Jalan Diponegoro Nomor 58 Jakarta Pusat.

“Kejadian tersebut merupakan kejahatan kemanusiaan (pelanggaran HAM) yang tidak berkemanusiaan dan tidak berkeadilan, karena dilakukan dengan cara “Sistematis Terencana” dan Forum Nasional 27 Juli 1996, meminta Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin untuk segera mengungkap kembali peristiwa pelanggaran HAM 27 Juli 1996,” ujar Fachruddin, pada wartawan ditemui di lokasi, Senin (27/7/2020).

Sekretaris Jenderal FORNAS’96 Raya, M. Tampubolon menambahkan, Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDI perjuangan, adalah sebagai tokoh dan simbol perlawanan atas kekuasaan Orde Baru hingga terjadinya peristiwa peristiwa 27 Juli 1996 dan lahirnya reformasi.

Baca Juga :

“Ibu Megawati Soekarnoputri masih diharapkan kader-kader serta simpatisan di seluruh Indonesia, untuk tetap menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, sampai periode-periode berikutnya. Karena Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai tokoh pemersatu yang penuh perjuangan pahit getir dan getirnya. Kami dari FORUM NASIONAL 27 Juli 1996 (FORNAS ’96) yang merupakan wadah para Aktivis, Tokoh, Eksponem serta korban 27 Juli 1996 yangditahan dalam mempertahankan eksistensi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) bersama Ibu Megawati Soekarnoputri saat terjadinya Peristiwa 27 Juli 1996,” jelasnya.

Kegiatan peringatan 27 Juli dan tabur bunga dihadiri sejumlah pengurus FORNAS 96, di antaranya, Ketua Umum FORNAS’96 Fachruddin, Sekjen Fornas 96 Raya M Tampubolon, Ketua bidang Politik Kuncoro, Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Organisasi Indra Wijaya, Ketua Bidang Pemuda dan Organisasi Ali Husein, dan Ketua Bidang Agitasi Propaganda Safti Hidayak atau Uchok. (mdo)

Baca Juga :

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.