Bunda, Biarkan Anak Main di Luar

Indopos.co.id – Banyak orang tua yang masih melarang anak bermaindi luar bersama kawan sebaya. Alasannya takut bahaya, kotor, dan salah bergaul.

Padahal, membiarkan anak bermain di luar rumah juga bagian dari tumbuh kembangnya. Terlalu banyak di dalam rumah, mobilitas menjadi terbatas dan ujung-ujungnya main gadget, membuat anak semakin malas bergerak.

Baca Juga :

Dokter Konsultan Tumbuh Kembang Anak dr Bernie Endyarbi Medise, SpA(K), MPH mengungkapkan, main di luar rumah merupakan tempat terbaik bagi anak-anak untuk berlatih dan menguasai keterampilan fisik mereka.

”Bermain, khususnya di luar ruangan ini juga membantu perkembangan otak mereka. Mereka paham mengenai konsep problem solving. Tak hanya itu, bermain di luar ruangan dengan aktif juga membuat fungsi tubuhnya lebih baik. Melatih jantung dan kardiovaskular, respirasi otot, hingga melatih semuanya. Mulai dari motorik kasar, halus, bahasa personal dan sosial,” bebernya.

Bukan cuma itu, sambungnya, bermain di luar ruangan juga melatih berbagai konsep, mulai dari ukuran, warna, hingga bentuk dan mengenalkan mereka pada alam. Melalui bermain, anak juga bisa memiliki kreativitas dan konsentrasi yang lebih baik untuk mempersiapkan dan berguna pada saat mereka bersekolah.

Mereka juga bisa bersikap kooperatif, melatih kepatuhan, dan kontrol diri. Masih banyak orang di Indonesia belum memenuhi hak anak, padahal hal kecil ini bisa membantu anak lebih bahagia.

Oleh karena itu, banyak pihak mulai menyemarakkan pentingnya memenuhi dan melindungi hak anak. Tak terkecuali dengan Herbalife Nutrition Indonesia menyelenggarakan kegiatan belajar dan bermain secara virtual.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 pada kondisi saat ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

”Selain memberikan nutrisi yang baik, kami ingin menjadi bagian lingkungan yang nyaman bagi mereka dengan menunjukkan dukungan dan membuat mereka merasa bahwa kami benar-benar peduli. Bahwa kami benar-benar terlibat dalam pertumbuhan mereka,” jelas Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi.

Dalam peringatan HAN 2020, mereka mengajak tak kurang dari 100 anak-anak dari Panti Asuhan Agape, Rumah Autis dan Bali Caring Community untuk mengikuti acara yang digelar secara virtual. Tentunya, dengan melakukan berbagai kegiatan mulai dari pengenalan pentingnya nutrisi, senam bersama secara virtual, fun games dan kegiatan keterampilan untuk membawa kebahagiaan dan untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak. (dew)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.