Alexa Metrics

Cegah Kepadatan Lalu Lintas Saat Arus Balik Idul Adha, Ini yang Dilakukan Kemenhub

Cegah Kepadatan Lalu Lintas Saat Arus Balik Idul Adha, Ini yang Dilakukan Kemenhub balik ke jakarta

indopos.co.id – Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan pembatasan angkutan barang sumbu 3 ke atas yang masuk jalan tol. Yakni mulai dari Jawa Timur dan Jawa Tengah ke arah Jawa Barat dan Jakarta (Arah Timur ke Barat).

Pembatasan tersebut akan mulai diberlakukan pada Minggu (2/8/2020) pukul 08.00 WIB sampai dengan Senin (3/8) Pukul 08.00 WIB. Hal itu untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas saat arus barang Idul Adha.

Untuk membahas persiapan dan penanganan hal tersebut maka Ditjen Hubdat telah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak. Dari hasil rapat tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan mulai menyeleksi angkutan barang dari arah Timur ke Barat.

“Yakni mulai dari Surakarta dan Gerbang Tol Krapyak, juga akan diperketat di Gerbang Tol Kanci. Untuk kemudian dialihkan ke jalan arteri Pantura,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Sabtu (1/8/2020).

Untuk proses pengalihan angkutan barang ini, pihaknya kata dia juga meminta kepada petugas di lapangan agar ditambah jumlahnya serta berkoordinasi dengan Kepolisian, BPTD, dan Dishub Provinsi, Kota/Kabupaten setempat.

“Meski demikian pembatasan angkutan barang ini tetap menyesuaikan kondisi kemacetan di jalan tol yang sewaktu-waktu dapat diubah sesuai diskresi dari Kepolisian yang dikomandoi oleh Korlantas Polri,” pungkasnya.(dai)



Apa Pendapatmu?