Resmi Dibuka, Ribuan Warga Serbu Tempat Wisata di Lebak Banten

indopos.co.id -Ribuan wisa- tawan dari berbagai daerah memadati sejumlah objek wisata di wilayah se- latan Kabupaten Lebak, Minggu (2/8).

Stake holders pariwisata diwilayah tersebut mengklaim mengimplementa- sikan Peraturan Bupati (Perbub) Lebak Nomor 28 Tahun 2020, tentang Pedoman Adaptasi Kebiasan Baru (AKB).

Brigade Raksa Desa Search and Rescue AM Erwin Komara Sukma kepada sejumlah wartawan termasuk INDOPOS, Minggu (2/8), mengatakan sudah lebih dari 5.000 wisatawan berkunjung ke Pantai Sawarna.

”Pengunjung Pantai Ciantir, Desa Sawarna di Kecamatan Bayah, pada Minggu (2/8) sangat ramai. Diperki- rakan di atas lima ribu pengunjung, didominasi dari Bogor, Jakarta dan Tangerang,” katanya

Baca Juga :

Singapura Mulai Buka Akses Wisatawan Asing

Saat ditanya protokol kesehatan saat masa uji coba AKB bidang pariwisata, Erwin menuturkan pengunjung di- siplin dalam mencegah penularan COVID-19. Salah satunya dengan mengenakan masker. Selain itu, pen- gelola juga menyediakan masker di pos pintu masuk.

”Kalau yang tidak mau pakai masker pengelola tidak memperbolehkan masuk,” ujarnya.

Menurut Erwin juga, kesadaran pengunjung dalam mencegah penularan virus corona di lokasi objek wisata harus dibarengi dengan konsisten pengelola dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengimbau pengunjung.

”Alhamdulilah sudah cukup baik. Kami juga tetap mengimbau, selain mematuhi protokol kesehatan pengunjung tetap waspada karena ombak masih cukup besar, antara 3-4 meter,” ucapnya juga.

Senada dikatakan pengelola wisata Danau Wisata Beach di Desa Cilang- kahan Kecamatan Malingping, Yeni Mulyani. Dia mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke Danau Talanca Beach diperkirakan sekitar 1.500 orang pada akhir pekan ini.

”Alhamdulillah kita terapkan proto-kol kesehatan seperti yang diamanat- kan Perbup tentang AKB,” katanya.

Menurut Yeni juga, pihak pengelola selain menyediakan handsanitizer di sejumlah titik dan thermogun serta penyemprotan disinfektan. Pengunjung wisatawan di daerah itu juga diawasi oleh aparat dari Polsek Ma- lingping.

”Petugas dari Polsek Malingping mengawasi secara ketat protokol kesehatan di masa AKB ini. Setiap harinya petugas di Polsek Malingping melakukan pengawasan tiga kali,” ucapnya juga. Yeni juga mengatakan, masa uji coba AKB ini kunjungan wisatawan menerapkan protokol ke- sehatan dan tidak ada hal yang tidak diinginkan.

”Alhamdulilah kondusif, protokol kesehatan saat masa uji coba AKB kami terapkan. Pun dengan pen- gunjung yang mulai terbiasa dengan protokol kesehatan dimasa pandemi virus corona ini,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lebak Imam Rismahayadin mengatakan Pemkab Lebak melaku- kan uji coba pembukaan destinasi wisata menindaklanjuti diterbitkan- nya Perbub Lebak Nomor 28 tahun 2020, tentang pedoman AKB kondisi Pandemi COVID-19.

”Masa ujicoba dilakukan selama satu bulan pada Agustus 2020 ini, kami telah berkoordinasi dengan Satgas Percepatan Penanganan Co- vid-19 Lebak untuk melakukan sosialisasi sekaligus monitoring,” katanya kepada wartawan.

Langkah itu dilakukan, lanjut Imam juga, sebagai upaya memastikan penerapan protokol kesehatan di setiap destinasi wisata atau 33 destinasi wisata yang diperbolehkan menerima pengunjung.

”Pada masa uji coba ini semuanya dibuka, termasuk wisata Gunung Luhur Citorek atau Negeri di Atas Awan, dan Pantai Sawarna. Para pengelola wisata diwajibkan melakukan pembatasan jumlah wisatawan seban- yak 50 persen dari kapasitas. Selain itu juga harus menerapkan standar protokol kesehatan,” terangnya lagi.

Imam juga meminta pengelola dan wisatawan agar mematuhi protokol kesehatan yang tertuang di Perbup dan SOP usaha pariwisata.

”Kami hanya mengimbau pengelola me- matuhinya. Kalau melanggar aturan Perbub Nomor 28 Tahun 2020, pen- gelola wisata bisa dikenakan denda Rp25 juta. (yas)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.