Serunya Latih Emak-Emak Belajar Nge-MC

indopos.co.id – Di tengah Pandemi COVID-19 banyak warga yang kehilangan pekerjaan. Maka itu, untuk menunjang ekonomi keluarga, kaum ibu di wilayah Kecamatan Ciputat Timur dibekali keahlian khusus sebagai Master of Ceremony (MC).

Para emak-emak dilatih oleh para mentor handal berpengalaman, sehingga mereka bisa langsung praktik sebagai MC. Pelatihan pun dibuat sesantai mungkin, tapi tetap serius.

Lurah Rengas Kecamatan Ciputat Timur Agus Salim kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan dan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya. Menghadirkan 60 peserta, mereka dibagi di dua ruangan lantai satu dan dua.

”Profesi MC kan sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan-kegiatan di lingkungan tingkat RT/RW. Tentu dengan adanya pelatihan MC ini, sewaktu-waktu ada kegiatan di wilayah, tidak bingung lagi, karena para ibu sudah bisa. Yang pasti karena kebutuhan MC cukup banyak dan sangat penting,” paparnya, belum lama ini.

Dia menambahkan, tidak mudah belajar keterampilan sebagai MC. Sebab, berbicara di hadapan orang banyak butuh kesiapan.

Jika tidak, lanjutnya, bisa grogi dan konsep yang sudah dirancang di dalam kepala buyar. Jika sampai buyar maka susunan kalimat yang akan disampaikan bisa tidak sesuai harapan.

”Mudah-mudahan bisa menambah penghasilan dengan skill MC,” harapnya. Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Kelurahan Rengas Ulfatussakinah menambahkan, melalui pelatihan MC itu, dia berharap dapat menambah keberanian ibu-ibu berbicara di hadapan banyak orang.

Dia yakin, semakin sering diasah maka kemampuan akan makin baik. ”MC itu butuh latihan. Bagaimana teknik-tekniknya supaya pesan yang disampaikan mudah dicerna oleh hadirin. Semoga melalui pelatihan ini bisa menambah percaya diri saat berbicara di hadapan banyak orang,” pesannya. (din)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.