Alexa Metrics

Harga Emas Perhiasan di Banda Aceh Capai Rp3 Juta per Mayam

Harga Emas Perhiasan di Banda Aceh Capai Rp3 Juta per Mayam emas

indopos.co.id – harga emas perhiasan  di Banda Aceh mencapai Rp3 juta per mayam (3,3 gram). Meningkat 100 poin dari sebelumnya Rp2,9 juta per mayam. Itu belum termasuk ongkos pembuatan menyusul lonjakan harga emas dunia.

Apresiasi harga perhiasan emas tersebut juga  dipengaruhi perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China terus memanas. Kondisi itu, diperparah Pandemi Covid-19 yang belum ada vaksin. Efeknya, harga logam mulia itu, menanjak signifikan.

”Tidak sedikit investor banyak beralih ke emas untuk melindungi nilai aset,” tutur Penjual emas di Jl Tgk Chick Pante Kulo, Pasar Atjeh Murizal, di Banda Aceh.

Murizal mengatakan, melihat kondisi saat ini, harga logam mulia tersebut akan sulit mengalami penurunan. Menyusul kenaikan harga logam mulia itu, hampir 70 persen masyarakat seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar menjual kembali emas perhiasan untuk menangguk untung.

”Tidak sedikit menjual emas untuk membeli rumah, membeli mobil baru atau merehab rumah,” tegasnya.

Ia mengatakan, dibanding penjual, daya beli masyarakat justru hanya 30 persen. Terkhusus untuk keperluan mahar atau maskawin, membayar piutang emas dan lainnya.

”Penurunan omzet lebih dari 50 persen. Maklum, tidak banyak masyarakat membeli emas,” keluhnya. (ant)



Apa Pendapatmu?