Alexa Metrics

Bengkulu Huni Papan Atas Tingkat Kematian COVID-19

Bengkulu Huni Papan Atas Tingkat Kematian COVID-19 Ratusan warga pernah kontak dengan Gubernur Kepri Isdianto menunggu antrean untuk diambil swab oleh petugas kesehatan di posko RSUP Kepri, Selasa (4/8). (Foto: ANTARA/Ogen/aa)

indopos.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bakal mengevaluasi penanganan Pandemi Covid-19. Itu setelah sepekan terakhir tingkat kematian kasus Virus Corona tertinggi seluruh Indonesia. Itu berdasar data Tim Gugus Tugas Nasional.

Evaluasi dilakukan salah satunya dengan meningkatkan kualitas penanganan kasus positif Covid-19 dirawat di rumah sakit rujukan. ”Kami akan membenahi penanganan kasus Covid-19 setelah angka kematian Bengkulu tertinggi di Indonesia,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, di Bengkulu, Kamis (6/8).

Selain itu, Herwan memastikan akan meningkatkan jumlah penemuan kasus baru. Caranya, dengan meningkatkan pemeriksaan tes usap pada laboratorium. Selanjutnya, meningkatkan pemeriksaan dengan cara memperbanyak tes cepat.

Di samping itu, Herwan meminta masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Misalnya, menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak. ”Upaya-upaya itu, terutama kita lakukan pada yang berusia lanjut, karena angka kematian tersebut lebih banyak pada usia lanjut,” tegas Herwan.

Saat ini, sebut Herwan total kasus positif Covid-19 Provinsi Bengkulu mencapai 240 kasus. Angka itu setara tujuh persen dari 3.426 sampel yang telah diperiksa. Nah, 142 dari 240 kasus di antaranya dinyatakan sembuh. Dan, sisanya masih melakukan perawatan di rumah sakit rujukan, dan melakukan isolasi mandiri.

”Sejauh ini, untuk kasus meninggal ada 20 kasus atau sekitar 8,33 persen dari total kasus konfirmasi positif,” ucapnya.

Pasien meninggal dunia karena Covid-19 itu, mayoritas juga memiliki riwayat penyakit penyerta. Misalnya, diabetes, jantung, hipertensi, gagal ginjal, dan penyakit infeksi kronis.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Nasional Covid-19, Rabu (05/8) melaporkan Provinsi Bengkulu merupakan provinsi dengan tingkat kematian akibat Covid-19 tertinggi seluruh Indonesia. Tingkat kematian Bengkulu mencapai 8,9 persen dari total kasus konfirmasi positif.

Posisi kedua diduduki Provinsi Jawa Timur (Jatim). Jatim memiliki tingkat kematian 7,74 persen. Disusul posisi ketiga Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan 6,73 persen. Lalu, keempat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan 5,48 persen, dan kelima Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan 5,12 persen. (ant)



Apa Pendapatmu?