Alexa Metrics

Sensasi Rasa Sajian Tradisional Turki

Sensasi Rasa Sajian Tradisional Turki Sajian makanan tradisional Turki seperti Midye Dolmasi atau kerang kukus, Hamsi, atau ikan teri yang direndam dalam minyak zaitun serta adas atau domba panggang.

indopos.co.id – JIka Anda berkunjung ke Istanbul dan lapar, maka Karakoy Lokatansi merupakan restoran yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi. Restoran ini menawarkan berbagai hidangan meze tradisional Turki yang bisa Anda pilih di konter.

Meze adalah kumpulan hidangan kecil yang disajikan sebagai makanan pembuka. Mereka juga menyediakan beberapa hidangan Eropa yang tidak kalah lezatnya. Sebelum berkunjung ke restoran ini, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu setidaknya satu hari sebelumnya.

Itu karena hampir semua restoran terkenal di Istanbul akan penuh dengan pengunjung setiap pukul 6 sore, baik itu hari kerja atau pun akhir pekan. Harganya makanan di Karakoy Lokatansi terbilang masuk akal, yaitu sekitar TRY70-TRY120 (sekitar Rp140.000-Rp240.000) untuk dua orang.

Biasanya Anda akan diberikan sekitar tiga sajian pembuka dan dua hidangan utama. Salah satu menu khas Karakoy Lokatansi adalah Midye Dolmasi, yaitu kerang kukus yang diisi dengan nasi berbumbu dan disajikan dengan perasan lemon.

Karena diisi dengan nasi ditambah dengan peterseli, bawang putih, dan minyak zaitun, bau amis dari kerang tidak terlalu tajam dan rasanya juga menjadi lebih kompleks. Menu lainnya adalah acar artichoke yang dicampur dengan minyak zaitun dan adas.

Menu ini merupakan salah satu menu favorit karena bumbunya yang sederhana namun sangat enak. Minyak zaitun, adas, dan perasan lemon adalah bahan yang sangat umum ada di masakan Turki. Beberapa menu pembuka lain yang disajikan di resoran ini adalah Hamsi, atau ikan teri yang direndam dalam minyak zaitun dan adas.

Kemudian ada salad bit yang dicampur dengan adas, dan gurita rebus yang direndam dalam minyak zaitun, lalu ditaburi caper dan adas. Menu pembuka terakhir adalah ikan bass dan bawang bombay dengan saus mustard yang creamy. Ikan bass yang disajikan memiliki daging yang melimpah dan sangat empuk, ditambah dengan kuah kental yang lezat.

Daging sapi muda dengan saus yang diletakkan di atas kentang tumbuk adalah hidangan utama paling populer. Dagingnya sangat lembut seakan meleleh ketika dimakan. Sausnya memiliki rasa yang cukup ringan dan merupakan paduan tepat untuk daging sapi yang lembut.

Ada juga menu Hungkar Begendi, atau domba panggang dengan terong panggang dan salad bit. Daging domba yang disajikan dalam menu ini sangat lezat dengan sedikit aroma asap dan menjadi pasangan yang pas untuk terong panggang.

Rasa terongnya juga sangat lezat karena diberi bumbu lada Turki dan bawang putih. Bluefish panggang segar, atau Lufer, biasanya disajikan dengan lemon dan salad hijau. Menu ini hanya disajikan pada musim tertentu saja. Rasa ikan yang ringan dan dibumbui dengan garam akan terasa sangat segar.

Terakhir ada menu ayam tanpa tulang yang dipanggang dan dibumbui dengan bawang putih, lada panggang, tomat, dan kentang. Ayam berbumbu yang disajikan dengan paprika memiliki tekstur yang kenyal dan beraroma. Restoran Karakoy Lokantasi dikenal karena interior ubinnya yang cantik, pelayanan yang ramah, dan suasana restoran yang ramai tapi menyenangkan.

Di siang hari, restoran ini biasanya berfungsi sebagai lokanta, atau tempat makan yang menyajikan makanan siap saji. Namun pada malam hari, restoran ini berubah menjadi meyhane, atau kedai makan. (fay)



Apa Pendapatmu?