Alexa Metrics

Jelang Kontra Napoli di Liga Champions, Ini Teritori Messi

Jelang Kontra Napoli di Liga Champions, Ini Teritori Messi Lionel Messi.

indopos.co.id – Di abad 21, dunia hanya mengenal dua orang superstar atua superbintang di pentas sepak bola dunia. Parameternya jelas. Prestasi dan statistika pemain yang bersangkutan dengan klubnya masing-masing.

Dan, dua superbintang itu adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Koran Brasil, O Estado de Sao Paulo, menulisnya seperti itu. Padahal, di saat yang nyaris bersamaan, Brasil juga punya seorang pemain heat, Neymar Jr. Tetapi O Estado de Sao Paulo mengatakan, Neymar masuk kategorisasi megabintang. Alasan lainnya bisa Anda masukkan sendiri.

Dini hari nanti, Lionel Messi, memimpin rekan-rekannya bangun dari puing-puing kegagalan di La Liga. Setelah gelar domestik itu dirampas rival abadinya Real Madrid, Liga Champions adalah pertaruhan gengsi yang tersisa.

Di atas kertas, semestinya Barcelona lolos ke perempatfinal. Bermain imbang 0-0 saja sudah membuat mereka melenggang ke Lisbon, Portugal. Mencegah Napoli mencetak gol adalah tujuan utama Barcelona dini hari nanti.

Masalahnya, materi pemainnya tidak komplet. Master gelandang box to box-nya Sergio Busquets absen karena akumulasi kartu. Sektor itu menyisakan Ivan Rakitic. Tetapi Rakitic bukan gelandang bertahan murni. Ia cenderung naik menyerang untuk membantu Messi melepaskan umpan-umpan pendek ketika memasuki area permainan lawan.

Dengan Messi di starting line-up, Blaugrana bisa tampil sebagai favorit tidak peduli siapa pun lawannya, karena ia menikmati bermain di Eropa dan terutama dalam pertandingan sistem gugur yang menentukan. Tanpa melalui salah satu musim terbaik di LaLiga Santander, kapten Barcelona itu mencetak 25 gol dan dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi pada musim 2019/20.

Namun, kali ini ia gagal meraih Sepatu Emas karena striker Lazio Ciro Immobile mengumpulkan 36 gol. Gol Serie A di musim lalu

Trofi Liga Champions telah menjadi obsesi bagi Barcelona dan Messi. Kegagalan mereka mencapai final dalam beberapa tahun terakhir telah menodai generasi paling cemerlang Barcelona. Messi tidak ingin pensiun tanpa menambah lagi trofi Liga Champions ke koleksinya.

Di tempat terpisah, striker sekaligus kapten Napoli Lorenzo Insigne, yang semula diragukan tampiil di pertandingan Liga Champions timnya dengan Barcelona pada Minggu dini hari nanti sudah kembali berlatih. Kamis lalu, misalnya, ia sudah mengikuti latihan bersama rekan-rekannya yang lain.

Seolah-olah ingin meredam kecemasan fansnya, Napoli lantas buru-buru mengumumkan bahwa Insigne sudah mengikuti latihan sebagaimana biasa. Insigne juga sudah melakukan latihan di pusat kebugaran dengan baik. Kalau kondisinya belum seratus persen, kemungkinan ia harus mengawalinya dari bangku cadangan di Camp Nou.

Sementra itu, pemain internasional Yunani Kostas Manolas mengklaim Napoli harus menghentikan Lionel Messi sebagai sebuah tim. Mantan bek Roma itu menjadi pencetak gol ketika Giallorossi pernah menyingkirkan Blaugrana dari kompetisi itu pada 2017-18. Dia mengungkapkan,  Francesco Totti mendorongnya untuk melakukannya lagi. “Saya bertemu Totti dan dia memberi tahu saya.  ‘’Kostas, Anda bisa coba lagi ’,” kata Manolas kepada La Repubblica.

Dan mantan bek itu yakin bisa menghentikan kapten Argentina itu di Catalonia. “Anda menghentikan Messi sebagai tim, tanpa takut bakatnya,” tambah pemain berusia 29 tahun itu. “Menurut saya, dia yang terbaik di dunia. “Untuk kualitas dan kecerdasannya dalam sepakbola.”

Napoli memiliki beberapa kekhawatiran cedera menjelang pertandingan dan ia berharap untuk melihat Lorenzo Insigne kembali pada waktunya. “Tekanan ada pada mereka. Aku berharap Insigne pulih. Aku baik-baik saja. Rasa sakit di tulang rusukku telah berlalu,’’ kata Manolas.(*)



Apa Pendapatmu?