Alexa Metrics

Dua Kali Jadi Rival, Kini Arsid Mendukung

Dua Kali Jadi Rival, Kini Arsid Mendukung

indospos.co.id – Dukungan terhadap pasangan calon (paslon) Benyamin DavniePilar Saga Ichsan untuk bertarung dalam Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) terus berdatangan. Kali ini datang dari kader PDI Perjuangan sekaligus tokoh politik Tangsel, Arsid.

Bahkan, sosok yang pernah bersaing ketat dengan pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie pada Pilkada 2015 itu akan mengerahkan jaringan tradisionalnya untuk memenangkan paslon yang diusung koalisi Golkar-PPP tersebut.

Sekretaris Jaringan Relawan Arsid, Fatah mengatakan dukungan untuk memenangkan paslon BenyaminPilar diberikan Arsid setelah hasil pertemuan 7 jaringan relawan Arsid se-Tangsel dengan paslon petahana yang dihelat pada awal Agustus 2020 lalu.

Dimana jalur komunikasi terjalin dengan tim Benyamin-Pilar dalam membahas strategi pemenangan Pilkada Tangsel.

”Iya ketika ditanya begitu, Bang Arsid pun langsung bilang mau mendukung Bang Benyamin. Ini bahasanya konsensi dengan teman-teman di 7 kecamatan. Intinya Bang Arsid mulai tentukan arah politiknya ke mana. Soalnya Bang Arsid tidak nyalonin lagi,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (7/8).

Menurutnya juga, aspirasi untuk mendukung dan memenangkan paslon BenyaminPilar ini merupakan keinginan dari Politisi PDI Perjuangan bersama teman-teman relawannya. Sebab, selama ini hubungan Arsid dengan Airin dan Benyamin sangat baik setelah Pilkada 2015 selesai.

”Semua sudah bersepakat mendukung pasngan Benyamin-Pilar, ya saya dan Bang Arsid pun setuju. Dari dua kali Pilkada pun hubungan komunikasi mereka bersama jaringan tradisional sangat baik sekali,” ujar Fatah lagi.

Lebih jauh, Fatah mengaku jika Arsid akan mengerahkan jaringan relawan tradisional yang telah terbentuk di 7 kecamatan untuk mendukung dan menangkan paslon dari koalisi Partai Golkar-PPP tersebut.

Beberapa perwakilan jaringan relawan Arsid pun telah menggelar pertemuan dengan tim pemenangan paslon Benyamin-Pilar. Jaringan relawan Arsid pun berharap dukungan itu mampu membuat penyelenggaraan Pilkada Tangsel meriah dan juga menghapus isu tingginya angka golput.

”Untuk perkembangan strateginya seperti apa masih akan dibahas lagi. Tentu semua melalui mekanisme dan petunjuk dari Bang Arsid. Kami hanya dapat menjalankan petunjuk itu saja,” paparnya.

Seperti diketahui Arsid merupakan kader PDI Perjuangan. Pria asli Betawi itu pernah dua kali mengikuti pertarungan calon kepala daerah di Pilkada Tangsel. Pada pilkada 2010, Arsid-Andre Taulani nyaris mengalahkan pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dengan selisih suara yang tidak begitu besar.

Berlanjut lima tahun kemudian pada Pilkada Tangsel 2015, pasangan Arsid-Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri kembali maju dan bersaing dengan petahana. Namun di Pilkada Tangsel kedua yang dia ikuti, Arsid harus kembali mengakui keunggulan pasangan Airin-Benyamin dengan jumlah suara yang telak.

Dikonfirmasi terpisah, Benyamin Davnie membenarkan adanya dukungan dari Arsid yang pernah menjadi rivalnya dua kali di Pilkada Tangsel. Dia pun menyambut baik dukungan dari kader terbaik PDI Perjuangan Kota Tangsel tersebut.

Bagi Benyamin, dukungan Arsid ini menjadi energi agar dapat memenangkan Pilkada 2020 bersama Pilar Saga Ichsan. ”Benar, Bang Arsid sudah memberikan dukungan penuh untuk pencalonan saya dan Pilar, sampai deklarasi dengan anggota tim jaringan tradisionalnya semua,” terangnya.

Benyamin juga mengaku bersyukur. ”Alhamdulillah, buat saya dan Pilar itu energi untuk berjuang lebih keras lagi. Kami senang dengan adanya dukungan dari Bang Arsid ini, apalagi beliau tokoh politik senior di kota ini,” jelasnya.

Ditanya soal dukungan seperti apanyang diberikan Arsid itu, Benyamin tidak memberitahukan secara spesifik. Akan tetapi dengan komitmen dan deklarasi bersama relawan Arsid itu telah membuat tujuan awal memenangkan Pilkada Tangsel 2020 bisa tercapai.  Dirinya pun sangat mengapresiasikan sikap politik Arsid yang dikenal berani dan tegas.

”Saya tidak dikasih tahu secara rinci oleh Bang Arsid seperti apa dukungannya.  Saya sudah ketemu beliau dan beliau komitmen mendukung saya. Yang pasti saya sama Pilar optimistis dengan tambahan dukunga ini bisa menang di pilkada ini,” cetusnya.

Terpisah, Pengamat Politik Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) Sendy Vicky Sutikno mengatakan dukungan Arsid kepada Benyamin akan dapat membuat dua pasangan kandidat kepala daerah di Pilkada Tangsel akan tersingkir.

Pasalnya, kekuatan suara dari Politisi PDI Perjuangan ini masih cukup kuat. Terlebih dengan jaringan tadisional lama yang telah terbentuk sepuluh tahun, lalu, terus dirawat dari serangkaian perhelatan Pilkada.

”Tidak dapat dipungkiri, Arsid sebagai putra daerah Tangsel punya basis dukungan yang kuat dan solid. Jaringan tradisional dia masih sangat mampu menggiring suara ke TPS. Nah ini akan membuat pasangan lain akan kalah,” tuturnya.

Ditambahkan Sendy, dukungan Arsid bagi Benyamin-Pilar akan jadi pukulan telak dan merusak peta dukungan warga bagi Bakal Calon Wali Kota Muhammad yang mengklaim sebagai putra asli Tangsel.

Lantaran dukungan dari figur lama dan putra daerah pun telah diikrarkan kepada pasangan petahana. Kata dia juga, poros Benyamin-Pilar ini harus menjadi perhitungan serius bagi dua pasangan calon lainnya.

”Bayangkan saja, dulu dua poros ini yang bertarung sengit merebut dukungan warga Tangsel. Sekarang, dua kekuatan ini bersatu, tentu bakal jadi kekuatan yang dahsyat,” cetusnya.

Arena itu, Sendy mewanti-wanti agar diantisipasi oleh lawan politiknya, baik itu Muhamad-Saras ataupun Nur Azizah-Ruhamaben. Apalagi, katanya juga, keduanya belum pernah mengikuti Pilkada Tangsel. (cok)



Apa Pendapatmu?