Mengintip Perjalanan Karir Selebgram Oky Pratama, Bijak Bermain Medsos dan Raih Popularitas di Bidang Kesehatan

indopos.co.id – Di era sosial media seperti saat ini, siapa pun bisa dengan mudah menjadi selebriti di dunia maya. Seperti dr Oky Pratama yang tidak hanya dikenal sebagai dokter kecantikan serta pengusaha, tapi juga selebgram. Seperti apa?

Media sosial mampu merubah orang, media sosial mampu mengubah karir seseorang, tentuanya penggunaan media sosial harus dilakukan secara bijak dan benar. Hal itu dilakukan Oky Pratama. Pria yang berprofesi sebagai dokter dan selegram ini menyadari betul arti media sosial bagi karirnya.

”Awalnya selain dokter, pengen juga jadi artis waktu lulus SMA walau muka nggak ganteng-ganteng banget. Karena orangtua nggak mendukung, dirasa nggak ada jaminan, nggak boleh ambil sekolah di Jawa, terutama Jakarta biar fokus jadi dokter dan nggak jadi artis. Lalu saya masuk di kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang,” kata Oky dijumpai di kantornya, kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/8/2020).

Uniknya saat melakukan pengabdian di Madura, akun gosip di Instagram malah melejitkan namanya hingga menjadi selebgram. Karena pada saat itu ia menjual krim kecantikan, pamor krim tersebut ikut menjulang. Penjualan bersihnya sampai menyentuh angka ratusan juta.

Baca Juga :

“Sembari selesaikan studi saya jualan produk kecantikan. Karena di tahun 2015-2016 tidak banyak orang jualan online, hasil bersihnya cukup besar. Dari hasil penjualan saya alokasikan untuk membuka klinik pertama di Jambi, tempat kelahiran saya. Walau gambling juga ya, apakah jalan atau tidak,” sambung Oky, lulus cum laude menolak mengambil spesialis kandungan dan diam-diam mengambil estetik di Amerika.

Saat merintis pembangunan klinik Bening’s Clinic, pertama, Oky Pratama sempat kena tipu ratusan juta oleh admin yang meng-handle barang jualannya. Namun hal itu tak menggoyahkan semangat hingga kini sukses sebagai dokter, pengusaha dan juga selebgram.

Baca Juga :

Angela Lee Bebas, Trauma Berbisnis

“Saya dirikan company ini tanpa bantuan orangtua. Kalau yang nggak tahu, saya dikira dibiayain orangtua. Padahal nggak karena mereka awalnya nggak setuju. Saat merintis, saya juga pernah ditipu 130 juta lebih. Begitu buka, klinik nggak langsung ramai, bahkan merasa terhina juga ada pasien yang bilang ‘Ngapain ke sini, ini klinik baru, dokter baru, belum tentu bagus’. Tapi saya ingin buktiin dan mampu mengalahkan yang sudah berdiri sebelumnya,” tandas pria yang memiliki lima ratus ribu follower di Instagram itu.

Karena minatnya yang cukup tinggi di bidang kecantikan maka Oky memutuskan untuk melanjukan kuliah S2 di Amerika Serikat dengan mengambil jurusan American Academy of Aesthetic Medicine di California. Setelah mendapatkan ilmu dari Amerika Serikat, Oky memberanikan diri membuka klinik pertamanya di kota kelahiran Jambi pada 2015 dengan bermodalkan uang hasil jualan produk kecantikannya.

Dalam menjalankan bisnis, Oky tetap aktif mempromosikan produk kecantikan dan kliniknya melalui instagram karena jumlah followers-nya sudah mencapai 500.000 lebih. Dari sana nama Bening Clinic mulai dikenal dan banyak orang yang berdatangan dan mendapatkan respon yang cukup positif. (ash)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.