Alexa Metrics

Almarhum Petugas Keamanan Kelurahan Kwitang Wariskan BPJAMSOSTEK Rp42 Juta

Almarhum Petugas Keamanan Kelurahan Kwitang Wariskan BPJAMSOSTEK Rp42 Juta SANTUNAN-Penyerahan santunan BPJAMSOSTEK di Kantor Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2020). Foto: Istimewa

indopos.co.id – Camat Senen Ronny Jarpiko menyerahkan santunan klaim Jaminan Kematian (JKM) senilai Rp42 juta kepada janda Almarhum Bambamg Wijanarko, seorang hansip atau petugas keamanan RT02/RW 02, Kelurahan Kwitang. Penyerahan santunan simbolis berlangsung di Kantor Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2020).

”Santunan ini sungguh memberikan manfaat yang sangat berguna kepada keluarga almarhum yang sedang berduka. Santunan ini tentu sangat membantu meringangkan beban hidup keluarga yang ditinggalkan oleh almarhum,” ungkap Ronny, yang didampingi oleh Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba M. Izzadin dan para lurah se-Kecamatan Senen.

Ronny mengatakan bangga dengan manfaat program perlindungan pemerintah untuk seluruh pekerja tersebut. ”Ini luar biasa, dengan iuran cuma Rp16.800 perbulan tapi manfaatnya yang dulu (program JKM) Rp24 juta sekarang menjadi Rp42 juta. Manfaatnya naik iurannya tidak naik,” ungkapnya. Dengan santunan tersebut setidaknya dapat meringankan beban hidup keluarga yang ditinggalkan oleh pencari nafkah. Misalnya digunakan sebagai modal untuk usaha kecil.

Dalam acara tersebut juga dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada relawan Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19. Kartu kepesertaan diserahkan oleh M. Izzadin kepada enam lurah di Kecamatan Senen.

”Terimakasih kepada BPJAMSOSTEK yang memberikan bantuan kepesertaan dengan iuran gratis selama tiga bulan. Hal ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para relawan yang begitu besar,” ungkap Ronny. Dirinya berharap setelah tiga bulan, para relawan tetap meneruskan iurannya sendiri. Apalagi iurannya sangat murah hanya Rp16.800 perbulan tetapi manfaatnya sangat besar yaitu perlindungan risiko kerja.

Atas besarnya manfaat perlindungan dari negara tersebut, Ronny bertekat terus bersosialisasi untuk memperluas kepesertaan BPJAMSOSTEK untuk seluruh pekerja di Kecamatan Senen. Menurutnya, tugas sosialisasi untuk perluasan kepesertaan tersebut pihaknya mengerahkan peran para lurah dan pengurus Lembaga kemasyarakatan seperti di RW, RT, FKDM, LMK, kader jumantik, dsb.”Sayang ingin seluruh warga saya tercover (program BPJAMSOSTEK). Karena kalau terjadi musibah, maka tidak terlalu pusing dengan biaya-biaya karena sudah dicover oleh BPJAMSOSTEK. Merekapun akan bekerja dengan aman dan nyaman,” tegasnya.(dni/mdo)



Apa Pendapatmu?