Alexa Metrics

Ambil Momentum Relokasi Investasi dari Tiongkok, RUU Cipta Harus Segera Disahkan

Ambil Momentum Relokasi Investasi dari Tiongkok, RUU Cipta Harus Segera Disahkan omnibus law

indopos.co.id – Kalangan pengusaha menilai pemerintah perlu segera mengesahkan RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law. Hal itu diperlukan pemerintah untuk menarik banyak investasi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagangn dan Industri (Kadin) Shinta Kamdani mengatakan, kemunculan covid-19 di Wuhan, Tiongkok, menyebabkan banyak investor beramai-ramai mengalihkan investasi mereka keluar dari Tiongkok.

Pengesahan RUU Cipta Kerja perlu disegerakan jika targetnya adalah untuk menarik peluang relokasi industri dari Tiongkok yang disebut Shinta sudah terjadi sejak awal tahun lalu.

“Omnibus law perlu disahkan bila targetnya untuk mengambil peluang itu,” kata Shinta, Senin (10/8/2020).

Shinta mengatakan bahwa saat ini Indonesia termasuk terlambat dibanding negara tetangg seperti Thailand dan Vietnam dalam mengambil peluang menarik investasi lantaran belum melakukan perbaikan iklim usaha dan investasi di dalam negeri. Sehingga kedua negara tersebut lebih dianggap ramah investasi dibanding Indonesia.

“Thailand dan Vietnam lebih sigap dan lebih dulu melakukan perbaikan iklim usaha dan investasi di negaranya,” kata Shinta.

Berdasarkan kondisi itu, Shinta menekankan pengesahan RUU Cipta kerja perlu disegerakan guna menarik investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak. (yay)



Apa Pendapatmu?