Alexa Metrics

Tagar Gebrak PKK Didukung, Jadi Trending Topik Indonesia di Twitter

Tagar Gebrak PKK Didukung, Jadi Trending Topik Indonesia di Twitter Ketua Umum TP (Tim Penggerak) PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Tri Tito Karnavian saat menyampaikan penjelasan “PKK Gebrak Masker” dalam Rapat Koordinasi Pencapaian Target Realisasi APBD 2020 dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan, serta Jaga Jarak untuk Perubahan Perilaku Baru Masa Pandemi COVID-19, Senin (10/8/2020).

indopos.co.id – Gerakan Bagi Masker PKK, #Gebrak PKKDidukung menjadi trending topik Indonesia di twitter peringkat pertama pada Senin, (10/8/2020).

Tagar ini mulai masuk trending topik Indonesia Senin pukul 07.00 di peringkat kedua. Dan terus naik bertahan di peringkat pertama hingga 2,5 jam kemudian.

Gerakan yang merupakan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo agar PKK melakukan kampaye Protokol Kesehatan lawan COVID-19 dilakukan bertahap, setiap dua minggu. Mulai dari membagi masker, sampai menjaga jarak.

Maka Presiden Jokowi meminta agar PKK dapat bisa membantu melakukan kampanye penggunaan masker dari pintu ke pintu.

Arahan Kepala Negara, langsung dilakukan Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian. Diawali dengan membagian masker di Johor Baru Jakarta Pusat (4/8/2020), dilanjutkan Launching Gerakan Bagi Masker 2,5 juta di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (5/8/2020).

Gerakan Bagi Masker 2,5 juta di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu (6/8/2020). Serta di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pencanangan pembagian masker berjumlah 26 juta kepada masyarakat se Jawa Timur  (7/8/2020).

Gerakan ini mendapat perhatian warganet dengan mengangkat tagar #GebrakPKKDidukung dan menjadi trending topic Indonesia di twitter pada Senin, (10/8). Sebelumnya pada Sabtu (8/8) warganet di  twitter juga mengangkat tagar #JatimLautanMaskerPKK sebagai trending topik Indonesia di twiter peringkat kedua.

Fenomenya ini menjadi perhatian tersendiri bagi Khairul Anam sebagai ketua Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB). Bahwa program seperti ini sudah dinantikan kehadirannya oleh masyarakat.

“Kami melihat ternyata dukungan atas gerakan yang diinisiasi Presiden Jokowi mendapat dukungan bukan hanya di lapangan. Tetapi juga di dunia maya. Menjadi bukti bahwa masyarakat dapat secara langsung merasakan manfaat adanya gerakan semacam ini,” jelasnya, Senin (10/8/2020).

Khairul Anam yang juga seorang blogger dan aktivis media sosial mengatakan,  jika ada sebuah kebijakan atau program masuk dalam perbincangan warganet apalagi menjadi trending topik Indonesia, bisa dipahami sebagai potret positif di tengah Pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Sekarang ekpresi kepuasan publik itu bisa disampaikan secara langsung melalui smart phone yang kita miliki tanpa bertatap langsung.

“Ramainya hastag yang ada relasinya dengan Gerakan Bagi Masker (GEBRAK) oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), masyarakat merasa sebagai salah satu upaya yang efektif guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19,” terang Khairul Anam.

Beberapa akun melakun tweet seperti  yang dilakukan @AryPrasetyo85_
“#GebrakPKKDidukung Launching gerakan 26 Juta masker se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Agung, Kab Malang. ”Ini adalah tindak lanjut dari perintah Bapak Presiden bahwa Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK harus ikut serta berperan membagikan masker door to door  @kemendagri @Aryprasetyo85,” tweetnya.

Sedangkan akun @TweetPolitikID mengungkapkan “Pada kesempatan itu pula, Beliau memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker untuk pencegahan Covid-19. #GebrakPK,” tulisnya.(dai)



Apa Pendapatmu?