Alexa Metrics

Respon Erupsi Gunung Sinabung, DD Waspada Bagikan Ribuan Masker untuk Warga

Respon Erupsi Gunung Sinabung, DD Waspada Bagikan Ribuan Masker untuk Warga dd

indopos.co.id – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi memuntahkan abu vulkanik pada Senin kemarin, sekitar pukul 10.16 WIB. Pada erupsi tersebut mencapai ketinggian kolom abu lebih kurang 5.000 meter di atas puncak atau 7.460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah timur dan tenggara. Dompet Dhuafa Waspada ikut merespon bencana erupsi Gunung Sinabung yang terjadi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa, (11/8). Sebanyak 1000 masker dibagikan untuk warga terdampak erupsi yakni salah satunya warga di Desa Ujung Teran, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.

Sejak sabtu (8/8) lalu, permukiman warga di Desa Ujung Teran ini dipenuhi abu vulkanik yang tebal. Solen Sinulingga, selaku Kepala Desa Ujung Teran, mengatakan bahwa sampai saat ini warga mereka masih membutuhkan bantuan, “Kami masih butuh bantuan terutama masker karena abu vulkanik memenuhi permukiman warga kami”.

“Ladang kita sudah dipenuhi abu semua, masjid dan jambur juga, ini kita masih terus terima bantuan seperti dari Dompet Dhuafa Waspada yang membersihkan masjid di desa ini,” ucap Solen Sinulingga.

Respon Erupsi Gunung Sinabung, DD Waspada Bagikan Ribuan Masker untuk Warga

Menanggapi hal ini, Sulaiman selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa (DD) Waspada membenarkan bahwa tim Dompet Dhuafa Waspada sudah turun langsung ke sana membagikan masker dan membersihkan masjid. “Kita turunkan tim sebanyak 7 orang untuk merespon langsung kondisi di sana, kita sudah mulai membagikan masker untuk warga dan juga membersihkan masjid”.

“Melihat kondisi permukiman warga yang dipenuhi abu, kami mengajak masyarakat untuk turut serta mengulurkan bantuan melalui DD Waspada,” lanjut Sulaiman.

Hingga saat ini abu masih penuhi berbagai lahan bahkan fasilitas umum terutama di wilayah Karo, yang dekat dengan pusat Gunung Sinabung. Ketebalan abu cukup menghambat aktivitas warga di wilayah Karo, Sumatera Utara.

“Insyaallah nanti, kita tunggu bantuan dari masyarakat yang disampaikan melalui DD Waspada untuk disalurkan kepada masyakarat berupa masker, obat tetes mata, dan kebutuhan lainnya,” pungkas Sulaiman. (mdo)



Apa Pendapatmu?