Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik, Warga Diimbau Waspada

indopos.co.id – Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut Riadil Akhir Lubis menyebut Gunung Sinabung menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian kolom abu kurang lebih 5.000 meter di atas puncak. ”Itu segera kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut,” tutur Riadil.

Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Gunung Sinabung dalam Status Level III (Siaga). ”Kalau terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker. Mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik,” imbuhnya.

Baca Juga :

Ingatkan Warga Waspada Erupsi Sinabung

Riadil mengingatkan, masyarakat berada dan bermukim di dekat sungai berhulu Gunung Sinabung tetap waspada bahaya lahar. Sebelumnya, Gunung Sinabung Sabtu (8/8) pukul 01.58 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu kurang lebih 2.000 meter di atas puncak (lebih kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur.  Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

Empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter. Wilayah terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4, dan Kecamatan Merdeka. (ant)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.