Alexa Metrics

Awas, WFH Berpotensi Tingkatkan Berat Badan

Awas, WFH Berpotensi Tingkatkan Berat Badan

indopos.co.id – Kelebihan berat badan, tak jarang menimbulkan masalah tersendiri bagi seseorang yang mengalaminya. Pasalnya, kerja keras diet tak membuahkan hasil dan terkadang menyiksa diri sendiri.

Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang kurang aktivitas.

Akibatnya, tubuh bisa semakin melar. Mau turun dengan angka drastis, tentu akan sulit. Meski demikian, jangan putus asa dulu. Ternyata, menurunkan berat badan hingga 8 kilogram bisa dilakukan dengan konsisten diet sehat yang tidak menyiksa.

Menurut dr. Cut Hafiah, spesialis gizi, berat badan turun hingga 8 kilogram dalam sebulan bisa saja terjadi. Asalkan konsisten melakukan diet. “Memang berdasarkan literatur, penurunan berat badan yang sehat adalah 4-8 kg per bulan. Jadi kalau pasiennya patuh dan niat untuk diet, biasanya dia bisa turun 2 kg dalam waktu satu minggu. Jadi, kurang lebih dalam waktu satu bulan, 8 kg bisa tercapai,” ujar Cut Hafiah saat virtual zoom dengan tema D8 yang digelar Skyn Clinic, Senin (10/8/2020).

Cut mengatakan, diet jangan dibawa dengan rasa terpaksa. Namun, harus enjoy dan menikmati segala sesuatunya dengan perasaan bahagia. ”Program diet baik jika dilakukan dengan baik. Hasilnya pun akan semakin baik. Jadi harus enjoy dan harus ada motivasi dalam diri untuk bisa turunkan berat badan,” kata dia.

“Jangan berpikir diet itu menyiksa. Diet adalah sesuatu yang menyenangkan, diet sehat. Kita bantu juga dengan teknik estetika yang lain, sama obat-obatan juga, semangat juga untuk turun berat badannya,” kata Cut Hafiah lagi.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan semua itu, sebelumnya perlu dilakukan analisa terlebih dulu. “Jadi harus diukur semuanya dan hal ini, mulai dari komposisi tubuh, ada riwayat penyakit sebelumnya atau tidak. Analisis asupan kebiasaan makannya. kebiasaan makannya apakah snacking-nya berlebihan atau dari segi makan utamanya, dianalisis dari segi gizinya. Lalu diperbaiki di situ,” terang dia.

Sementara itu, Nia Ramadhani mengaku, menjaga betul asupan makananya saat WFH. Bahkan dia melakukan diet usai melahirkan anak ketiganya. ”Untuk makan malam saya hanya memakan satu buah alpukat,” ungkap dia. Nia pun pernah membeberkan menu dietnya, yaitu hanya sarapan dengan telur, tdak mengonsumsi nasi saat siang dan hanya memakan daging.

Yoyo, CEO Skyn Clinic menambahkan, karena itulah, pentingnya melakukan konsultasi sebelum diet dimulai. “D8 dari Skyn Clinic memastikan selalu berusaha membantu seseorang yang ingin laksanakan diet sehat dengan penurunan berat badan signifikan,” kata Yoyo. (ash)



Apa Pendapatmu?