Alexa Metrics

Terhibur Aksi Individual Dembele

Terhibur Aksi Individual Dembele

indopos.co.id – Satu tiket semifinal Liga Champions sudah menjadi milik Paris Saint Germain. The Crazy Rich Club sukses membungkam Atalanta 2-1, Kamis dini hari. Kini, Barcelona dan Bayern Munich berebut tiket ketiga. Tiket kedua diperebutkan Atletico Madrid dan RB Leipzig Jumat dini hari tadi.

Media massa Spanyol melaporkan, Barcelona optimistis bisa memulangkan Bayern Munich ke Jerman dari Estadio da Luz, Lisbon dini hari nanti. Rata-rata media di Semenanjung Iberia itu menilai, Barcelona harus menyelamatkan gengsinya setelah kehilangan muka di La Liga. ‘’Barca harus benar-benar fokus. Singkirkan dulu semua perbedaan pendapat, selesaikan turnamen mini ini dengan kesatria,’’ tulis Marca.com, Kamis (13/8).

Pelatih Barcelona Quique Setien sadar betul kapasitas lawan. Hasil lima head to head terakhir, misalnya, kurang berpihak ke Barcelona. Karena itu, racikan yang pas menjadi satu-satunya tolok ukur paling mujarab untuk melumpuhkan lawan.

Kali ini, Barca bisa turun dengan pasukan komplet. Tidak ada lagi ganjalan pemain yang cedera. Sergio Busquets kembali mengisi pos lamanya sebagai gelandang box to box. Dengan demikian, pertempuran di lini tengah menjadi faktor kunci. Busquets, De Jong, dan Vidal harus beradu kemampuan dengan Thiago Alcantara, Goretzka, dan Kingsley Coman.

Salah satu dari trio lini depan Barcelona, Antoine Griezmann mengatakan, Barca sudah siap  merebut tiket semifinal. Tiket itu harus diambil dengan perjuangan yang ekstrakeras. ‘’Lawan kami memiliki kualitas yang sangat mumpuni. Kami harus memperhatikan semua sisi dan bekerja sama dengan baik secara maksimal. Kami akan menciptakan ruangan kami sendiri untuk mengalahkan lawan,’’ sebut pemain asal Prancis yang hijrah dari Atletico Madrid.

Antoine Griezmann percaya bahwa Barcelona sedang menuju ke arah yang benar. Pemain berusia 29 tahun itu masuk sebagai pengganti saat Barcelona menang 3-1 atas Napoli di leg kedua babak 16 besar.

“Secara fisik, itu melelahkan karena panas dan akumulasi pertandingan, tetapi hal yang paling aneh adalah bermain tanpa penggemar kami dan dukungan mereka, “kata Griezmann.” Kami melihat pesan mereka di media sosial dan itu membantu kami melewati masa-masa sulit,’’ kata Griezmann.

Menurut Griezmann, Barcelona juga tahu Munich memilik sejarah yang panjang dan hebat di Liga Champions. Ia mengatakan, justru di situlah ujian yang sebenarnya. ‘’Itu menunjukkan kesiapakan kami untuk melangkah ke semifinal. Saya sangat yakin itu meskipun mereka punya Robert Lewandoski,’’ ujarnya.

Kubu Barcelona kemarin juga bersuka ria. Ketika melakukan latihan bersama, mereka memberikan tepuk tangan meriah kepada untuk aksi Ousmane Dembele. Dembele yang praktis dililit cedera dalam 11 bulan terakhir, melakukan aksi individu menawan. Ia melewati sejumlah pemain untuk menceploskan bola ke gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Pelatih Setien dan stafnya juga ikut-ikutan memberikan dukungan melihat aksi individual Dembele itu. Meski demikian, Dembele tampaknya hanya berada di bangku cadangan. Aksi itu hanya untuk menunjukkan suasana psikis tim menjelang pertandingan besar ini saja.

Prediksi Line up

Barcelona

– Ter Stegen,  Semedo, Piqué, Lenglet, Alba, De Jong, Busquets, Vidal, Messi, Suárez, Griezmann

Keluar: Umtiti (Cedera lutut)

Diragukan: Dembélé (Masalah kebugaran)

Pemain yang masuk skuad: Jorge Cuenca, Ludovit Reis

Pemain ke luar dari skuad: Ferrán Sarsanedas, Kike Saverio

Bayern

– Neuer,  Kimmich, Boateng, Alaba, Davies, Thiago, Goretzka, Coman, Müller, Gnabry,  Lewandowski

Out: Pavard (Cedera)

Diragukan: Zirkzee (cedera)

Pemain yang masuk skuad: Bright Arrey-Mbi, Jamal Musiala, Malik Tillman

Pemain ke luar dari skuad: Lasse Mai, Oliver Batista Meier, Sarpreet Singh, Joshua Zirkzee

Prediksi Pengamat

Graham Hunter, Reporter Barcelona: Barca menghadapi tim yang gaya mainnya tak jauh beda dari Juventus, PSG, Roma, dan Liverpool. Barca selalu kesulitan melawan tim-tim seperti itu. Barca tetap mengandalkan Lionel Messi. Mereka juga harus menghidupkan opsi lain supaya permainannya tidak monoton. Beberapa kekalahan di La Liga terjadi karena faktor itu. Saat Messi diisolasi, Barca seperti ayam kehilangan induk.

Jordan Maciel, Reporter Bayern: Bayern menunjukkan mengapa mereka termasuk di antara favorit turnamen saat mereka menyingkirkan Chelsea akhir pekan lalu. Namun, tren permainannya belum setara saat mereka merebut treble dulu. Robert Lewandowski kini sedang on fire. Ingat, Barcelona punya Lionel Messi. Sekadar catatan: pemenang dari ketiga pertandingan sebelumnya antara Bayern Munich dan Barcelona selalu memenangkan turnamen.



Apa Pendapatmu?