Alexa Metrics

Pengamat: RUU Cipta Kerja Akomodasi Perkembangan Zaman

Pengamat: RUU Cipta Kerja Akomodasi Perkembangan Zaman ruu cipta kerja

indopos.co.id – Berbagai kalangan mengapresiasi langkah DPR dan kelompok buruh yang bersepakat membentuk tim kerja untuk membahas Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Pengamat politik Universitas Krisnadwipayana Ade Reza Hariyadi mengatakan tim kerja untuk membahas RUU Cipta Kerja yang dibentuk DPR dengan melibatkan kelompok buruh merupakan satu langkah maju. Ia menilai, langkah ini bisa menjembatani aspirasi buruh agar diakomodir dalam RUU Cipta Kerja.

“Semoga tim kerja oleh DPR itu menyelesaikan isu-isu yang belum tuntas. Sehingga, usulan dari serikat pekerja terakomodasi secara adil dan proporsional,” kata Reza, Jumat (14/8/2020).

Reza mengatakan, ada sejumlah isu yang patut didalami oleh tim kerja bentukan DPR. Di antaranya, terkait asas kebermanfaatan dan kepastian hukum, seperti hal-hak buruh dalam kontrak kerja, sistem pengupahan, dan hubungan industrial yang harus dicari titik temunya.

“Begitu pula asas kepastian hukum. Hal ini menyangkut kedudukan RUU Cipta Kerja terhadap berbagai aturan khusus ketenagakerjaan yang sudah ada,” sambung Reza.

Dengan terbentuknya tim kerja ini, Ade berharap RUU Cipta Kerja bisa kembali dibahas dan bisa segera disahkan. Sebagai rancangan payung hukum sapu jagat, Ade menilai RUU Cipta Kerja bisa menjadi terobosan untuk menyelaraskan berbagai regulasi ketenagakerjaan yang tumpang tindih.

“Omnibus law bisa mengakomodasi perkembangan zaman sesuai kebutuhan yang bergerak cepat,” kata Reza. (yay)



Apa Pendapatmu?